Keunggulan iPhone 16 yang Rilis September 2024 Dibanding Series Sebelumnya



MOMSMONEY.ID - Apple akan merilis iPhone 16 pada September 2024. Diketahui, iPhone 16 series dirilis mulai tanggal 9 September 2024. Namun, apa saja keunggulan iPhone 16?

Seperti seri iPhone 15, jajaran produk tahun ini diperkirakan akan tetap terdiri dari empat model, yaitu iPhone 16, iPhone 16 Plus, iPhone 16 Pro, dan iPhone 16 Pro Max, meskipun ada banyak perbedaan desain dan fitur baru yang perlu diperhatikan.

Ada banyak juga keunggulan iPhone 16. Keunggulan iPhone 16 ini membedakan dengan series iPhone sebelumnya. 


Baca Juga: Catat Tanggal Pre Order iPhone 16 yang Akan Segera Dimulai pada September 2024

Mengutip MacRumors, berikut keunggulan iPhone 16:

1. Layar Lebih Besar

iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max tahun ini dikabarkan akan memiliki ukuran layar yang lebih besar, masing-masing menjadi 6,27 dan 6,86 inci. 

Sebagai perbandingan, iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max masing-masing dilengkapi dengan layar 6,1 inci dan 6,7 inci. 

Ukuran layar baru tersebut akan menjadi yang terbesar yang pernah ada untuk iPhone.

2.  Tata Letak Kamera Vertikal

Model dasar iPhone 16 Apple akan menampilkan susunan kamera vertikal dengan permukaan terangkat berbentuk pil, bukan susunan kamera diagonal seperti iPhone 15. 

Tonjolan kamera baru ini menampilkan dua cincin kamera terpisah untuk kamera Wide dan Ultra Wide. 

Tata letak kamera vertikal diharapkan dapat mengaktifkan perekaman Video Spasial, yang saat ini terbatas pada model iPhone 15 Pro.

3. Perubahan Baterai

Rumor menunjukkan bahwa ‌iPhone 16‌ dan iPhone 16 Pro Max akan memiliki baterai yang lebih besar dari pendahulunya, meskipun perangkat iPhone 16 Pro yang lebih kecil dapat melihat peningkatan terbesar, sedangkan ‌iPhone 16‌ Plus mungkin memiliki kapasitas yang berkurang.

iPhone 16 dikatakan memiliki peningkatan 6% dibandingkan iPhone 15, dengan iPhone 16 Pro Max mendapatkan peningkatan 5%, dan iPhone 16 Pro mengalami peningkatan 9%.

Baca Juga: Cara Hapus Objek Foto di iPhone dengan Praktis dan Hasilnya Seperti Asli

Sebaliknya, iPhone 16 Plus dikabarkan memiliki pengurangan kapasitas sebesar 9%. Di sisi lain, Apple juga berpotensi menggunakan teknologi baterai bertumpuk untuk meningkatkan kepadatan energi dan memperpanjang umur di seluruh jajaran.

4. Tombol Tangkapan

Semua model iPhone 16 akan memiliki " Tombol Tangkap " baru yang didedikasikan untuk memicu pengambilan gambar atau video.

Tombol tersebut akan menambahkan fitur seperti kemampuan untuk memperbesar dan memperkecil dengan menggeser ke kiri dan kanan pada tombol, fokus pada subjek dengan menekan ringan, dan mengaktifkan rekaman dengan menekan lebih kuat. 

Tombol Tangkap akan terletak di sisi kanan bawah ‌iPhone 16, dan akan menggantikan antena mmWave pada model ‌iPhone‌ AS, dengan antena dipindahkan ke sisi kiri perangkat di bawah tombol volume dan Tindakan.

5.  Peningkatan Lensa Ultra Lebar

Model iPhone 16 Pro diharapkan memiliki lensa kamera Ultra Wide 48 megapiksel yang ditingkatkan, yang memungkinkannya menangkap lebih banyak cahaya, sehingga menghasilkan foto yang lebih baik saat memotret dalam mode 0,5×, terutama di lingkungan dengan cahaya redup.

Baca Juga: Kelebihan Kamera iPhone 16 yang Disebut Punya Zoom Maksimal dan Jernih

Ini juga berarti bahwa model iPhone 16 Pro seharusnya dapat mengambil foto ProRAW 48 megapiksel dalam mode Ultra Wide. Foto-foto ini mempertahankan lebih banyak detail dalam berkas gambar untuk fleksibilitas pengeditan yang lebih baik, dan dapat dicetak dalam ukuran besar. 

iPhone 16 Pro Max juga dikabarkan akan memiliki kamera utama yang lebih besar berkat sensor Sony IMX903 48 megapiksel khusus yang canggih.

6. Chip Seri A18 Baru

Chip A18 Pro generasi berikutnya dari Apple diharapkan akan diproduksi dengan proses 3nm generasi kedua dari TSMC, yang dikenal sebagai N3E. 

Menurut rumor, keempat model iPhone 16 akan dilengkapi dengan chip bermerek A18, tetapi Apple masih dapat membedakan antara model standar dan model Pro, bahkan memberi chip tersebut nama A18 dan A18 Pro yang terpisah.

Masuk akal jika keempat model ‌iPhone 16‌ memiliki chip A18 yang sama karena fitur Apple Intelligence yang akan memulai debutnya di iOS 18. Apple Intelligence memerlukan chip berdaya tinggi agar fitur AI dapat berjalan di perangkat.

Saat ini, hanya ‌iPhone 15 Pro‌ dan Pro Max yang dapat menggunakan Apple Intelligence.

7. Modem Qualcomm 5G

Apple diperkirakan akan menggunakan modem Snapdragon X75 terbaru dari Qualcomm pada model Pro dan Pro Max tahun ini. 

Baca Juga: Fitur iPhone 16 yang Dikabarkan bakal Dirilis pada September 2024

Snapdragon X75 mencakup agregasi operator yang ditingkatkan dan kemajuan teknologi lainnya untuk kecepatan unduh dan unggah 5G yang lebih cepat dibandingkan dengan X70, yang digunakan pada model iPhone 15. 

Kombinasi mmWave dan transceiver 5G sub-6GHz pada modem tersebut juga menggunakan ruang papan sirkuit 25% lebih sedikit, dan dikatakan menggunakan daya hingga 20% lebih sedikit. iPhone 16 dan iPhone 16 Plus standar diperkirakan akan mempertahankan modem Snapdragon X70.

Nah, itulah beberapa keunggulan iPhone 16 yang perlu Anda ketahui. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Nur Afitria