Keuntungan Merawat Tanaman Lidah Mertua di Rumah untuk Estetika dan Kesehatan



MOMSMONEY.ID - Tanaman lidah mertua merupakan tanaman yang paling berguna dan mudah ditemui. Tahukah Anda beberapa keuntungan merawat tanaman lidah mertua di rumah?

Ada sejumlah keuntungan merawat tanaman lidah mertua di rumah. Keuntungannya selain estetika, ada juga untuk kesehatan. 

Berikut keuntungan merawat tanaman lidah mertua di rumah:


Baca Juga: 9 Ragam Jenis Lidah Mertua yang Menakjubkan, Cocok Jadi Tanaman Hias di Rumah

1. Menambah elemen arsitektur

Dengan bentuknya yang tegak dan terstruktur, hadir dalam nuansa hijau dan kuning yang menarik dengan sentuhan abu-abu di antaranya, tanaman ular sangat cocok untuk tampil menonjol dalam tatanan dekorasi rumah.

Yang perlu Anda lakukan adalah menanamnya di pot geometris sederhana untuk meningkatkan tampilan kontemporer pada interior modern atau minimalis apa pun.

Untuk gaya bohemian, tanamlah di keranjang anyaman atau pot berwarna-warni. Untuk menghadirkan pesona pedesaan, tanamlah di pot keramik atau terakota untuk menonjolkan estetika alami.

Anda juga dapat menaruhnya di dekat pintu depan untuk meningkatkan daya tarik rumah!

Secara keseluruhan, ini adalah tanaman yang cocok dengan dekorasi apa pun dan dapat ditata dengan cara apa pun yang Anda inginkan!

2. Feng Shui baik

Menurut seni kuno Feng Shui, beberapa tanaman, termasuk tanaman Ular, merupakan cara alami untuk menarik energi baik ke ruang Anda.

Anda dapat meletakkannya di dekat pintu masuk atau di sudut ruangan untuk meningkatkan energi positif. Tanaman ini juga dipercaya dapat membawa keberuntungan, kesehatan, dan kebahagiaan ke tempat Anda.

3. Perawatan mudah

Jika Anda baru memulai perjalanan berkebun, Anda tidak akan menemukan pilihan yang lebih baik daripada tanaman ular. Ketahanannya dan perawatannya yang mudah menjadikannya pilihan yang tepat bagi mereka yang baru belajar berkebun.

Tanaman ini juga juara dalam hal bertahan hidup dalam cahaya redup, membuatnya cocok ditanam di tempat yang kurang terkena sinar matahari di rumah Anda.

Baca Juga: 7 Manfaat Tanaman Lidah Mertua Berdasarkan Penelitian, Banyak Khasiatnya

4. Memurnikan udara dalam ruangan dan meningkatkan kualitas tidur

NASA telah mengklaim dalam penelitiannya bahwa ini adalah tanaman yang memiliki udara dalam ruangan yang lebih bersih.

Tanaman ular cukup efektif dalam membersihkan unsur-unsur seperti benzena, formaldehida, dan trikloroetilen dari udara dalam ruangan. Semua ini juga meningkatkan kualitas tidur.

Aspek penting lainnya adalah kemampuan tanaman untuk melakukan fotosintesis di malam hari, yang berarti dapat menyerap CO2 dan mengeluarkan oksigen karena merupakan tanaman CAM . Untuk hasil terbaik, tanam 4-5 tanaman bersama-sama dalam satu ruangan, sehingga tercipta iklim mikro.

5. Mengurangi stres

Sebagai seorang tukang kebun, Anda harus tahu bahwa tanaman tidak hanya meningkatkan estetika dan kualitas udara. Menurut penelitian tahun 2018, tanaman, termasuk tanaman lidah mertua, memainkan peran penting dalam mengurangi stres dan kesehatan mental secara keseluruhan.

Penggunaan terapi hortikultura untuk pengobatan kesehatan mental sudah dikenal luas karena efek terapeutiknya. Tambahkan tanaman ular ke tempat kerja, sekolah, dan rumah Anda untuk meningkatkan kesehatan mental Anda secara keseluruhan.

6. Cocok untuk Anda yang sibuk

Yang membuat tanaman ular menjadi pilihan yang tepat bagi tukang kebun yang sibuk adalah fakta bahwa tanaman ini tidak memerlukan terlalu banyak penyiraman. Bahkan, di dalam ruangan, penyiraman setiap 2-3 minggu biasanya sudah cukup.

Baca Juga: 11 Jenis Sukulen Paling Wangi yang Punya Aroma Menyegarkan

Karena tanaman ini tumbuh lambat, Anda tidak perlu khawatir untuk memindahkannya setiap tahun atau lebih. Tanaman ini akan terus tumbuh subur di pot yang sama, dengan mudah selama beberapa tahun.

Jika Anda menggunakan campuran media tanam yang memiliki drainase baik, Anda juga tidak perlu terlalu khawatir tentang pemberian pupuk pada tanaman. Bahkan jika Anda melewatkan pemupukan, tanaman akan tetap tumbuh subur!

Nah, itulah beberapa keuntungan merawat tanaman lidah mertua di rumah. Selamat mencoba! 

Selanjutnya: Grafik Harga Emas Antam Hari Ini Terupdate (16 Oktober 2024), Perlu Anda Catat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Nur Afitria