Keyakinan Konsumen Menurun, Tabungan Meningkat Pada Juni 2022



KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Bank Indonesia (BI) melaporkan bahwa optimisme konsumen terhadap kondisi ekonomi tetap kuat pada Juni 2022. Hal tersebut tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Juni 2022 yang sebesar 128,2.

Angka ini mengalami penurunan jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya yang sebesar 128,9 poin.

Meski IKK mengalami penurunan tipis, Direktur Eksekutif, Kepala Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono, mengatakan bahwa indeks tersebut tetap berada pada level optimistis atau di atas 100.


“Keyakinan konsumen yang tetap terjaga tersebut ditopang oleh menguatnya ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi ke depan terutama terhadap penghasilan dan lapangan kerja,” tulis Direktur Eksekutif, Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono dalam laporan Survei Konsumen edisi Juli 2022, Jumat (8/7).

Baca Juga: Tertekan Inflasi, BI Catat Optimisme Konsumen Turun pada Juni 2022

Keyakinan Konsumen yang terjaga tersebut, terindikasi dari Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) Juni 2022 yang tercatat sebesar 141,8 atau sedikit lebih tinggi dari bulan sebelumnya sebesar 141,5.

Selain itu, penguatan IKK Juni 2022 juga didorong oleh oleh optimisme konsumen Juni 2022 terhadap kondisi ekonomi saat ini yang terpantau tetap kuat.

Hal tersebut tercermin dari Indeks Ekonomi Saat Ini (IKE) Juni 2022 yang tercatat sebesar 114,5, meski lebih rendah dibandingkan pada bulan sebelumnya yang sebesar 116,4.

Sejalan dengan tetap kuatnya IKK pada Juni 2022, rata-rata proporsi pendapatan konsumen untuk konsumsi terpantau stabil. Hal ini terindikasi dari rata-rata proporsi sebesar 74,2%, meskipun mengalami penurunan pada bulan sebelumnya yang sebesar 74,3%.

Berdasarkan kelompok pengeluaran, rata-rata porsi konsumsi terhadap pendapatan terpantau menurun pada sebagian kategori pengeluaran kecuali pada responden dengan tingkat pengeluaran Rp 3,1 juta hingga Rp 4 juta dan di atas Rp 5 juta per bulan.

Baca Juga: Dibayangi Sejumlah Risiko, Industri Otomotif Diharapkan Masih Tumbuh Positif di 2022

Sementara itu, rata-rata proporsi pembayaran cicilan/utang (debt to income ratio) tercatat 9,6%, turun tipis dibandingkan pada Mei yang tercatat 9,7%.

Dengan demikian, porsi untuk tabungan atau pendapatan konsumen yang disimpan mengalami peningkatan dari 16,0% pada Mei 2022 menjadi 16,2% pada Juni 2022.

Adapun porsi tabungan terhadap pendapatan naik pada seluruh kategori pengeluaran, terutama pada responden dengan tingkat pengeluaran Rp 4,1 juta hingga Rp 5 juta per bulan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli