KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) yang dirilis Bank Indonesia (BI) menunjukkan tren penurunan sejak awal tahun 2025. Pada Maret lalu, IKK tercatat di angka 121,1, turun 5,3 poin dibandingkan Februari yang berada di level 126,4. Sementara itu, pada Januari, indeks ini sempat berada di posisi 127,2. Sebagai catatan, IKK mencerminkan persepsi masyarakat terhadap kondisi ekonomi dalam enam bulan mendatang. Jika angkanya terus merosot, hal ini menunjukkan menurunnya optimisme konsumen, yang bisa menjadi indikasi meningkatnya pesimisme terhadap perekonomian. Head of Corporate Communications & Sustainability PT Aspirasi Hidup Indonesia Tbk (ACES), Melinda Pudjo mengatakan penurunan IKK menjadi sinyal bahwa konsumen akan cenderung lebih berhati-hati dalam membelanjakan uangnya. Maka dari itu, strategi ACES ke depan tetap mengedepankan prinsip optimistis namun hati-hati.
Keyakinan Konsumen Turun, Ini Strategi Aspirasi Hidup Indonesia (ACES) Jaga Kinerja
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) yang dirilis Bank Indonesia (BI) menunjukkan tren penurunan sejak awal tahun 2025. Pada Maret lalu, IKK tercatat di angka 121,1, turun 5,3 poin dibandingkan Februari yang berada di level 126,4. Sementara itu, pada Januari, indeks ini sempat berada di posisi 127,2. Sebagai catatan, IKK mencerminkan persepsi masyarakat terhadap kondisi ekonomi dalam enam bulan mendatang. Jika angkanya terus merosot, hal ini menunjukkan menurunnya optimisme konsumen, yang bisa menjadi indikasi meningkatnya pesimisme terhadap perekonomian. Head of Corporate Communications & Sustainability PT Aspirasi Hidup Indonesia Tbk (ACES), Melinda Pudjo mengatakan penurunan IKK menjadi sinyal bahwa konsumen akan cenderung lebih berhati-hati dalam membelanjakan uangnya. Maka dari itu, strategi ACES ke depan tetap mengedepankan prinsip optimistis namun hati-hati.