Khasiat Buah Lontar untuk Kesehatan Tubuh Anda, Cocok untuk Diet



MOMSMONEY.ID - Rupanya, terdapat sejumlah khasiat buah lontar untuk kesehatan tubuh, lo. Apa saja kira-kira?

Beberapa dari Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan buah lontar. Buah satu ini sekilas mirip dengan kolang-kaling yang punya tekstur kenyal. 

Pada kesempatan kali ini, MomsMoney akan membagikan beberapa khasiat buah lontar untuk kesehatan tubuh sebagai berikut:


1. Menyehatkan pencernaan

Serat alami dalam buah lontar membantu memperlancar pencernaan, mengurangi sembelit, dan menjaga kesehatan saluran pencernaan secara umum. Serat juga menambah volume pada tinja, sehingga memudahkan proses buang air besar.

Baca Juga: Manfaat Buah Plum untuk Diet Menurunkan Berat Badan, Ketahui Faktanya!

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Buah lontar kaya akan antioksidan yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas, yang bisa memicu peradangan dan penyakit.

3. Menyehatkan ginjal

Dengan kandungan fosfor yang tinggi, buah lontar mendukung kesehatan ginjal. Fosfor berperan penting dalam membantu fungsi ginjal menyaring limbah pencernaan dan juga berkontribusi pada pertumbuhan, pemeliharaan, serta perbaikan jaringan dan sel. Fosfor juga penting dalam menyeimbangkan dan menyerap vitamin dari makanan.

Baca Juga: Sakit Kepala Karena Flu? Berikut 10 Cara Ampuh untuk Mengobatinya

4. Mencegah dehidrasi

Buah lontar dikenal efektif dalam mencegah dehidrasi. Mengacu pada Data Komposisi Pangan Indonesia, 100 gram buah lontar mengandung sekitar 93 ml air.

Konsumsi buah lontar secara teratur dapat membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Ini sangat penting untuk fungsi organ yang optimal dan juga memfasilitasi pembuangan urine karena sifat diuretiknya.

5. Menurunkan berat badan

Dikutip dari Hello Sehat, buah lontar memiliki kalori yang sangat rendah, yaitu hanya 27 kkal per 100 gram. Ini menjadikannya ideal untuk diet penurunan berat badan.

Tingginya kandungan serat di dalam buah lontar juga membantu memberikan rasa kenyang yang lebih lama, yang dapat mengurangi asupan kalori secara keseluruhan.

Baca Juga: Menelusuri 9 Manfaat Konsumsi Daun Bawang untuk Kesehatan, Bantu Perkuat Imun

6. Menyehatkan tulang

Kandungan kalsium dalam buah lontar esensial untuk kekuatan dan kepadatan tulang, serta mencegah osteoporosis. Fosfor dalam buah ini juga berperan dalam pembentukan dan pemeliharaan tulang yang kuat.

7. Menyehatkan kulit

Antioksidan dalam buah lontar melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan menjaga kelembapannya. Vitamin C membantu produksi kolagen, penting untuk elastisitas kulit, sementara zat besi mendukung sirkulasi darah yang baik.

Baca Juga: Bisa Berbahaya! Ketahui 8 Dampak Buruk Kecanduan Minum Kopi Berikut

8. Sumber energi

Karbohidrat dalam buah lontar menjadi sumber energi utama setelah diubah menjadi glukosa, serta memberi bahan bakar bagi otak dan otot untuk aktivitas sehari-hari.

9. Mencegah penyakit kronis

Penelitian menunjukkan bahwa antioksidan dalam buah lontar mampu mencegah atau memperlambat kerusakan sel akibat stres oksidatif, yang terkait dengan berbagai penyakit kronis termasuk kanker dan penyakit jantung.

Baca Juga: Catat, ya! Inilah 10 Makanan Terbaik untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh

10. Perlindungan dari radikal bebas

Antioksidan yang terkandung dalam buah lontar, termasuk flavonoid dan saponin, membantu melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, seperti polusi udara dan sinar UV.

11. Mengatur gula darah

Dikutip dari Alodokter, buah lontar memiliki kandungan gula yang lebih rendah dibanding beberapa buah lain. Hal ini menjadikannya pilihan yang baik untuk penderita diabetes dalam mengelola asupan gula harian mereka.

Nah, itulah beberapa khasiat buah lontar untuk kesehatan tubuh Anda. Semoga bermanfaat, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rezki Wening Hayuningtyas