Khasiat Jus Timun untuk Kesehatan Tubuh yang Tak Banyak Diketahui



MOMSMONEY.ID - Ini lo khasiat jus timun untuk kesehatan tubuh Anda! Tak banyak yang tahu.

Timun atau mentimun adalah sayuran yang sering digunakan dalam hidangan sehari-hari, baik sebagai lalapan, salad, maupun campuran dalam jus. Meski tampak sederhana, timun memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, termasuk jika dikonsumsi dalam bentuk jus.

Kandungan airnya yang tinggi membuat timun sangat menyegarkan dan cocok dikonsumsi untuk menjaga hidrasi tubuh.


Melansir dari Alodokter, berikut ini beberapa khasiat jus timun untuk kesehatan tubuh yang mungkin belum banyak diketahui:

1. Memperlancar Pencernaan

Timun mengandung pektin, serat larut air yang membantu melancarkan pencernaan dan melunakkan tinja. Ini efektif untuk mencegah dan mengatasi sembelit.

Baca Juga: Berapa Batas Konsumsi Telur Per Hari yang Aman?

2. Melindungi Tubuh dari Radikal Bebas

Jus timun kaya akan antioksidan yang mampu melawan radikal bebas berbahaya. Radikal bebas dapat memicu berbagai penyakit dan jus timun membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh.

3. Menghidrasi Tubuh

Timun mengandung sekitar 96% air, sehingga membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi. Kandungan elektrolit di dalamnya juga membantu menjaga keseimbangan cairan tubuh.

4. Menyehatkan Tulang

Vitamin K dalam timun sangat baik untuk kesehatan tulang dan dapat mengurangi risiko osteoporosis. Selain itu, timun juga mengandung kalsium, kalium, dan fosfor yang mendukung kesehatan tulang.

Baca Juga: 6 Buah yang Paling Bagus untuk Asam Lambung

5. Menyehatkan Jantung

Timun memiliki kandungan kalium dan antioksidan yang tinggi, yang baik untuk menjaga kesehatan jantung dan menurunkan risiko penyakit jantung, seperti stroke.

6. Menurunkan Tekanan Darah

Bagi penderita tekanan darah tinggi, jus timun bermanfaat karena kandungan kalium dan antioksidannya membantu mengontrol tekanan darah dan menjaga keseimbangan kadar garam dalam tubuh.

7. Mengontrol Gula Darah

Timun memiliki indeks glikemik yang rendah, sehingga mengonsumsi jus timun tidak menyebabkan lonjakan gula darah yang signifikan. Ini sangat baik untuk penderita diabetes.

8. Mencegah Kulit Kering

Kandungan air yang tinggi pada timun tidak hanya menghidrasi tubuh tetapi juga menjaga kelembapan kulit dan mencegah kulit kering.

Baca Juga: Apakah Benar Cumi Mengandung Kolesterol? Temukan Faktanya di Sini

9. Mengurangi Risiko Kanker

Antioksidan dan senyawa cucurbitacin dalam timun membantu menurunkan risiko beberapa jenis kanker, seperti kanker hati dan payudara, jika dikonsumsi secara rutin.

10. Menurunkan Berat Badan

Jus timun tinggi serat dan rendah kalori, sehingga membantu menurunkan berat badan dengan menjaga perut terasa kenyang lebih lama dan mengurangi keinginan untuk ngemil.

Itulah beberapa khasiat jus timun untuk kesehatan tubuh Anda. Semoga informasi ini bermanfaat, ya.

Selanjutnya: Penjualan Sepeda Anjlok, Sejalan dengan Penurunan Tren Bersepeda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rezki Wening Hayuningtyas