Kim Jong Un mendesak penguatan militer di Korea Utara



KONTAN.CO.ID - SEOUL. Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un menyerukan kekuatan militer maksimum dan pencegahan perang nuklir yang lebih besar saat penutupan kongres partai yang berkuasa, menurut laporan kantor berita KCNA yang dilansir Reuters.

Kongres Partai digelar kurang dari dua pekan sebelum presiden terpilih AS Joe Biden menjabat dan di tengah kemacetan berkepanjangan dalam pembicaraan yang bertujuan untuk mengakhiri program nuklir dan rudal Korea Utara dengan imbalan pencabutan sanksi AS.

"Kita harus melakukan segala yang kita bisa untuk meningkatkan pencegahan perang nuklir lebih jauh lagi karena kita membangun kemampuan militer terkuat," kata Kim seperti dikutip KCNA pada akhir kongres.

Kim pada pekan lalu mengatakan bahwa dia akan memperluas kemampuan militer untuk mempertahankan negara dengan lebih baik dan menyerukan "menempatkan kemampuan pertahanan negara pada tingkat yang jauh lebih tinggi".

Baca Juga: Korea Utara gelar parade militer saat perayaan Kongres Partai Buruh?

Sejak mengumumkan moratorium yang dideklarasikan sendiri pada pengujian nuklir dan peluncuran rudal balistik antarbenua (ICBM) dari tahun 2018, Kim telah menyerukan untuk melanjutkan produksi senjata nuklir untuk persenjataannya, meluncurkan serangkaian rudal yang lebih kecil, dan meluncurkan apa yang akan menjadi ICBM terbesar di Korea Utara pada parade di bulan Oktober.

Kongres tersebut, yang berlangsung selama delapan hari di Pyongyang, adalah yang pertama sejak 2016, yang merupakan yang pertama sejak 1980.

Kim mengatakan kepada kongres partai pekan lalu bahwa rencana ekonomi lima tahunnya gagal memenuhi tujuannya, menyalahkan sanksi internasional serta krisis yang tidak terduga termasuk pandemi virus corona dan bencana alam.

Secara terpisah, Kim Yo Jong, saudara perempuan pemimpin dan anggota Komite Sentral partai, mengkritik militer Korea Selatan karena memantau parade di Pyongyang. Langkah tersebut merupakan ekspresi dari "pendekatan bermusuhan" Selatan terhadap Utara, katanya dalam pernyataan terpisah yang dibawa oleh KCNA.

Militer Korea Selatan mengatakan pada hari Senin bahwa mereka telah mendeteksi tanda-tanda bahwa Korea Utara mengadakan parade militer malam hari pada hari Minggu untuk kongres Partai Buruh yang berkuasa.

Selanjutnya: Sinyal Kim Jong Un kepada Joe Biden: Korut menanti langkah Anda, Tuan Presiden

Editor: Herlina Kartika Dewi