Kimia Farma siapkan Rp 500 miliar untuk akuisisi tiga rumah sakit



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perusahaan farmasi, PT Kimia Farma Tbk akan mengakuisisi tiga rumah sakit pada tahun ini. Demi menggarap strategi unorganik tersebut, emiten berkode saham KAEF ini sudah menganggarkan dana sekitar Rp 500 miliar hingga Rp 600 miliar.

Direktur Utama Kimia Farma, Honesti Basyir mengatakan, langkah ini merupakan salah satu strategi untuk memperkuat posisi KAEF dalam ekosistem bisnis farmasi.

"Target kami adalah pengguna BPJS. Pada 2019 itu jaminan kesehatan akan menjangkau semua lapisan masyarakat, artinya akan ada sekitar 270 juta demand," ujar Honesti, Kamis (19/4).

Dengan sasaran pasar pengguna fasilitas jaminan kesehatan atau BPJS Kesehatan, KAEF mengincar rumah sakit kelas C dan D.

Adapun tiga rumah sakit incaran KAEF berlokasi di Jakarta, Jawa Barat dan Jawa Timur. Dengan kepemilikan rumah sakit ini, Kimia Farma berharap dapat tumbuh lebih besar dan unggul dari perusahaan farmasi lainnya.

Saat ini, Kimia Farma tercatat memiliki bisnis dari hulu hingga hilir di industri farmasi, seperti pabrik hingga gerai apotek untuk menjual produk farmasi kepada konsumen secara langsung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dupla Kartini