Kinerja Lenovo Melonjak Berkat Permintaan Komputer AI



KONTAN.CO.ID - BEIJING. Lenovo Group asal China melaporkan kenaikan pendapatan 20% di kuartal yang berakhir Juni 2024 karena pasar komputer pribadi global menunjukkan tanda-tanda pemulihan setelah kemerosotan selama dua tahun.

Dalam tiga bulan yang berakhir pada bulan Juni, pendapatan Lenovo naik menjadi US$ 15,4 miliar, di atas estimasi rata-rata analis disurvei LSEG Reuters sebesar US$ 14,1 miliar.

Ini menandai pertumbuhan pendapatan kuartal ketiga berturut-turut bagi Lenovo setelah mengalami penurunan pendapatan selama lima kuartal berturut-turut di tengah perlambatan pasca-Covid.


Baca Juga: 5 Rekomendasi Laptop untuk Kuliah Terbaik Tahun 2024, Harga Terjangkau dan Lengkap

Pasar komputer pribadi global telah menunjukkan tanda-tanda pemulihan. Ini nampak dari data IDC yang menunjukkan pertumbuhan kembali selama kuartal pertama tahun ini setelah hampir dua tahun mengalami penurunan.

Untuk tiga bulan yang berakhir pada bulan Juni, pengiriman PC global naik sebesar 3% menjadi 64,9 juta unit. Lenovo mempertahankan posisinya sebagai pemimpin pasar, dengan menguasai pangsa pasar sebesar 23%, menurut IDC.

Lenovo telah melakukan diversifikasi di luar bisnis inti PC-nya, memperluas bisnisnya ke perangkat lunak dan layanan dalam beberapa tahun terakhir.

Pendapatan di segmen solusi infrastruktur yang mencakup server dan perangkat keras lainnya tumbuh 65% menjadi US$ 3 miliar. Pada segmen solusi dan layanan  Lenovo membukukan kenaikan pendapatan 10% menjadi US$ 1,9 miliar.

Saat ini, bisnis non-PC-nya telah menghasilkan 47% dari campuran pendapatannya dan ketua sekaligus CEO perusahaan Yuanqing Yang mengatakan kepada Reuters pangsa ini akan tumbuh menjadi 50% dalam waktu dekat.

Yang mengatakan, kebangkitan belanja TI oleh bisnis dan permintaan yang didorong oleh AI akan meningkatkan lini bisnis perusahaan secara menyeluruh, termasuk PC, server, dan perangkat lunak.

Pasar PC didorong oleh tren baru PC AI, komputer yang dilengkapi dengan chip khusus yang dioptimalkan untuk perangkat lunak AI.

Baca Juga: Pengiriman PC Meningkat Secara Global, Apple Catat Kenaikan Terbesar

Lenovo, salah satu yang pertama kali memperkenalkan PC AI, meluncurkan dua model pada bulan Mei. Yang memproyeksikan, 10% dari PC yang dikirimkan Lenovo akan berupa PC AI pada akhir tahun, berpotensi meningkat menjadi 50%-60% pada tahun 2026.

Lonjakan AI bertepatan dengan meningkatnya ketegangan geopolitik China-AS, termasuk pembatasan ekspor teknologi AI tingkat lanjut.

Yang mengatakan, Lenovo terbiasa dengan tantangan tersebut dan mematuhi peraturan di semua wilayah operasi, sehingga memungkinkannya untuk mengatasi masalah ini.

Pendapatan bersih Lenovo untuk kuartal tersebut adalah US$ 243 juta, di atas estimasi rata-rata US$ 222,94 juta yang diharapkan oleh analis yang disurvei oleh LSEG.

Editor: Avanty Nurdiana