KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Belanja iklan nasional di tahun ini berpotensi lebih tinggi dari sepanjang tahun lalu. Alhasil, kinerja keuangan PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN) yang sempat menurun di sepanjang tahun lalu, analis proyeksikan akan tumbuh positif di tahun ini. Sepanjang 2020, pendapatan emiten media ini menurun 5% year on year (yoy) ke Rp 7,95 triliun. Pendapatan menurun karena pendapatan iklan juga menurun sebesar 7% yoy menjadi Rp 7,48 triliun. Sementara, laba bersih MNCN juga tercatat turun sekitar 20% yoy ke Rp 1,87 triliun dari Rp 2,35 triliun di tahun lalu. Analis Samuel Sekuritas Nasrullah Putra Sulaeman mengatakan, meski kinerja MNCN menurun, tetapi hasil kinerja tersebut sudah sesuai dengan proyeksinya. Tidak dipungkiri, sentimen negatif yang menekan kinerja MNCN juga berasal dari kondisi ekonomi yang secara keseluruhan tertekan akibat pandemi Covid-19. Kondisi tersebut membuat belanja iklan nasional di tahun lalu ikut menurun di kisaran 20%-30%.
Kinerja Media Nusantara Citra (MNCN) diproyeksikan membaik, ini penyebabnya
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Belanja iklan nasional di tahun ini berpotensi lebih tinggi dari sepanjang tahun lalu. Alhasil, kinerja keuangan PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN) yang sempat menurun di sepanjang tahun lalu, analis proyeksikan akan tumbuh positif di tahun ini. Sepanjang 2020, pendapatan emiten media ini menurun 5% year on year (yoy) ke Rp 7,95 triliun. Pendapatan menurun karena pendapatan iklan juga menurun sebesar 7% yoy menjadi Rp 7,48 triliun. Sementara, laba bersih MNCN juga tercatat turun sekitar 20% yoy ke Rp 1,87 triliun dari Rp 2,35 triliun di tahun lalu. Analis Samuel Sekuritas Nasrullah Putra Sulaeman mengatakan, meski kinerja MNCN menurun, tetapi hasil kinerja tersebut sudah sesuai dengan proyeksinya. Tidak dipungkiri, sentimen negatif yang menekan kinerja MNCN juga berasal dari kondisi ekonomi yang secara keseluruhan tertekan akibat pandemi Covid-19. Kondisi tersebut membuat belanja iklan nasional di tahun lalu ikut menurun di kisaran 20%-30%.