Kinerja Moncer di 2021, Wira Global Solusi (WGSH) Berencana Tebar Dividen



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Wira Global Solusi Tbk (WGSH) membukukan kinerja moncer sepanjang tahun 2021. Venture builder asal BSD City itu mencetak pertumbuhan pendapatan yang signifikan hingga 1.784% dibanding catatan tahun 2020 menjadi Rp 22,12 miliar.

Sejalan dengan pertumbuhan pendapatannya, laba konsolidasi emiten berkode WGSH di tahun lalu ikut terkerek menjadi Rp 3,96 miliar. Padahal di tahun 2021, laba WGSH tercatat hanya Rp 144,18 juta.

WGSH juga mencatatkan kenaikan margin EBITDA menjadi 36% dari 13%. Adapun perusahaan mengalami kenaikan net profit margin (NPM) menjadi 18% dibandingkan 12% di tahun 2020.

Catatan yang positif sepanjang tahun 2021 itu mendorong perusahaan yang melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 6 Desember 2021 itu menggelar RUPS dengan salah satu agendanya pembagian dividen.

Baca Juga: Perkuat Ekosistem, Wira Global Solusi (WGSH) Jalin Kerja Sama dengan ETHIS

Direktur Utama WGSH Edwin menjelaskan, peningkatan laba sepanjang tahun 2021 ditopang pertumbuhan jasa Informasi Teknologi melalui Application Delivery and Managed Services (ADMS) seperti Software Licensing, Jasa Pemrograman dan Software Projects.

Adapun kinerja yang apik diproyeksi masih akan berlanjut di tahun 2022. Edwin menjelaskan, model bisnis Venture Builder memungkinkan portofolio perusahaan di bawah naungan WGSH ikut mendorong pertumbuhan core business dan juga berpotensi menciptakan exponential growth.

Selain model kepemilikan saham di perusahaan mitra, WGSH juga memiliki portofolio yang sifatnya bukan partisipasi modal, melainkan berbentuk kemitraan strategis bagi hasil dari pendapatan kotor atau bersih.

 
WGSH Chart by TradingView

"Untuk menyambut era metaverse, bersama portfolio baru kami PT Wangsa Ultima Kreasi (Mythologic Studio), WGSH akan meluncurkan beberapa project NFT Generative Artwork, Metaverse game, dan Ecommerce hybrid produk fisik dan digital, dengan skema bagi hasil antara 15% - 50% dengan mitra-mitra pemilik proyek-proyek tersebut,” ujar Edwin dalam keterangan resmi yang diterima Kontan.co.id, Jumat (8/4).

Asal tahu saja, Wira Global Solusi adalah venture builder atau yang biasa dikenal sebagai pabrik startup, yang melalui HAKI perangkat lunak, sumber daya manusia tenaga ahli teknologi, dan ekosistemnya menelurkan perusahaan rintisan (startup) bersama mitra-mitra strategis.

Baca Juga: Wira Global (WGSH) bidik pertumbuhan pendapatan 30% pada tahun 2022

Dengan ekosistem Hak Kekayaan Intelektual, pendidikan teknologi informasi, kapasitas engineering, skill teknologi mutakhir, dan jaringan bisnis dan finansial,  WGSHub memiliki misi untuk menghemat biaya, meningkatkan penjualan, dan mengoptimalkan valuasi dari mitra dan pelanggannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anna Suci Perwitasari