Kinerja Positif PT Pegadaian: Outstanding Loan Naik 25,21% hingga September 2024



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Pegadaian mencatatkan kinerja positif hingga September 2024, dengan Outstanding Loan (OSL) untuk produk berbasis gadai naik 25,21% secara year to date (YtD) atau mencapai Rp 69 triliun.

Peningkatan ini didorong oleh berbagai program pemasaran dan momen-momen tematik yang digelar sepanjang tahun.

Sekretaris Pegadaian, Zulfan Adam menyatakan bahwa beberapa faktor, seperti optimalisasi pinjaman gadai dan momen khusus seperti Hari Kemerdekaan, berkontribusi dalam meningkatkan kinerja perusahaan.


Baca Juga: Pegadaian Hadirkan UMKM Binaan di Inacraft 2024, Dukung Industri Kerajinan

"Momen-momen istimewa pada tahun 2024 ini menjadi pemicu dalam meningkatkan outstanding yang tersalurkan oleh Pegadaian," kata Zulfan kepada Kontan.co.id, Sabtu (26/10).

Lebih dari 90% barang yang digadaikan oleh nasabah Pegadaian adalah berbasis emas. Tingginya minat masyarakat terhadap emas, baik sebagai koleksi maupun investasi, beriringan dengan kebutuhan pendanaan yang cepat dan aman.

Menurut Zulfan, inovasi digital juga memainkan peran penting dalam menopang kinerja perusahaan. Penguatan layanan gadai digital, tabungan emas, dan ekosistem emas menjadi daya tarik tersendiri.

Baca Juga: Pegadaian akan Refinancing Surat Utang Akibat Suku Bunga Turun

"Kami memperkenalkan teknologi customer rating yang memungkinkan kami memahami perilaku dan kemampuan finansial pelanggan, sehingga pinjaman dapat disesuaikan dengan kebutuhan mereka," ungkap Zulfan.

Pegadaian optimistis terhadap perkembangan bisnis gadai hingga akhir 2024. Dengan kondisi ekonomi yang masih lesu, bisnis gadai menjadi andalan bagi masyarakat untuk mendapatkan dana dengan cepat dan mudah.

"Pegadaian berkomitmen menjaga pertumbuhan bisnis gadai serta kualitas kreditnya. Kami juga terus mengedukasi nasabah tentang pentingnya menjaga catatan kredit agar pembayaran bisa tepat waktu," imbuh Zulfan.

Baca Juga: Aset Pegadaian Terus Meningkat, Akhir Tahun 2024 Tembus Rp 100 Triliun

PT Pegadaian juga berhasil menurunkan rasio Non-Performing Loan (NPL) dari 1,71% pada Agustus 2023 menjadi 0,93% pada Agustus 2024, jauh di bawah batas yang ditetapkan oleh OJK.

Zulfan menambahkan, program penjualan, pemasaran, dan fitur-fitur terbaru yang telah disiapkan akan mendukung pertumbuhan bisnis Pegadaian hingga akhir tahun 2024.

Selanjutnya: Jadwal SIM Keliling Depok & Bogor Hari Ini (28/10), Perpanjang SIM Langsung Jadi

Menarik Dibaca: Simak Jadwal Damri ke Bandara Soekarno-Hatta dari Bogor dan Sukabumi Selama Pekan Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto