KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Trimegah Karya Pratama Tbk (UVCR) meluncurkan produk baru. Bekerja sama dengan distributor emas UBS, PT Untung Omega Bersama, UVCR meluncurkan voucher gramasi emas, Senin (8/11). Kehadiran produk baru itu mencerminkan upaya UVCR dalam pengembangan dan ekspansi bisnis guna menjangkau lebih banyak pengguna. Direktur Trimegah Karya Pratama, Riky Boy Permata mengungkapkan, langkah ini selaras dengan komitmen perusahaan saat penawaran umum perdana saham atau
initial public offering (IPO), yakni melakukan ekspansi yang diwujudkan melalui penambahan
partnership dan penambahan produk. "Salah satunya, penambahan produk yang dilakukan hari ini yakni
launching voucher gramasi emas," jelas Riky dalam konferensi pers Voucher Gramasi Emas Ultra Voucher yang digelar secara virtual, Senin (8/11).
Riky pun optimistis penambahan produk ini akan berkontribusi positif terhadap pendapatan UVCR ke depan. Mengingat emiten pelopor dan
aggregator voucher diskon digital yang dikenal dengan platform Ultra Voucher itu memiliki
positioning yang kuat baik secara
Business-to-Business (B2B) maupun
Business-to-Consumer (B2C).
Baca Juga: Mengukur kemampuan United Tractors (UNTR) mengakuisisi tambang baru Asal tahu saja, 30% dari bisnis UVCR bersumber dari B2B. Oleh karenanya, segmen ini cukup menarik bagi perusahaan. Distribusi voucher gramasi emas secara B2B diharapkan mampu memberi
multiplier effect di tingkat individu. Mengingat, penggunaan voucher ini akan dilakukan secara perorangan. Mempertimbangkan hal tersebut, maka voucher UVCR ini diharapkan bisa masuk ke dalam top 5 kategori atau produk dalam aplikasi bisnis UVCR. Apalagi untuk saat ini, Riky melihat adanya perubahan
profile behavior pelanggan ke arah tersebut. Asal tahu saja, kehadiran
vocuher gramasi emas di platform Utra Voucher merespon antusiasime masyarakat terhadap instrumen investasi emas yang terus meningkat. Emas akan terus menjadi instrumen investasi yang tak lekang oleh zaman serta mudah dijual dan relatif lebih aman. "Setelah ada voucher gramasi emas, sudah pasti kami akan mengalami peningkatan
revenue," ungkapnya. Optimisme ini ditopang kemudahan dan keuntungan investasi emas melalaui gramasi yang tidak tidak perlu khawatir ketika suatu saat harga akan naik atau turun. Voucher ini dapat disimpan tanpa mengubah nominal karena konversi voucher yang didapat berdasarkan berat yang tertera tanpa dipengaruhi pergerakan harga emas.
Baca Juga: Astra Otoparts (AUTO) melirik potensi pengembangan pada segmen digital Di sisi lain, emas gramasi ini berbentuk voucher, sehingga pengguna bisa menjadikannya sebagai hadiah berupa produk investasi emas kepada seseorang sesuai kebutuhan. Manfaat lain dari transaksi voucher gramasi emas di Ultra Voucher adalah Logam Mulia UBS dapat langsung dikirim ke rumah tanpa biaya atau ongkos kirim tambahan, atau ditukarkan di
outlet-outlet UBS yang tersebar di berbagai kota di Indonesia. Di samping itu, keyakinan kinerja UVCR ke depan akan lebih baik juga ditopang oleh capaian UVCR sejauh ini. Walau di tengah pandemi Covid-19 dan belum ada produk gramasi emas ini, UVCR mampu mencetak pertumbuhan yang memuaskan.
Mengutip keterangan UVCR sebelumnya, sejak awal tahun hingga kuartal III 2021, UVCR membukukan pendapatan hingga Rp 592,84 miliar atau meningkat 142% secara
year on year (yoy). Capaian itu mendorong UVCR mencetak laba usahanya menjadi Rp 19,36 miliar. Padahal pada periode yang sama tahun sebelumnya, UVCR menanggung rugi usaha hingga Rp 1,01 miliar. UVCR juga membukukan laba bersih menjadi Rp 4,90 miliar dari sebelumnya merugi Rp 3,99 miliar. Sekadar informasi, saat ini, Ultra Voucher telah menjalin kerja sama dengan 300 merek dan masih akan bertambah yang tersebar lebih dari 40.000
outlet di seluruh Indonesia. Ultra Voucher dapat diunduh di Apple App Store dan Google Play Store. Saat ini, terdapat lebih dari 10.000 pengguna yang melakukan transaksi setiap bulannya.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News Editor: Tendi Mahadi