King’s College London Akan Buka Kampus di Malang pada September 2024



KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Universitas asal Inggris, King’s College London bakal membuka kampus di Indonesia. Universitas ini akan masuk dalam Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Singhasari di Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Plt. Sekretaris Jenderal Dewan Kawasan Ekonomi Khusus, Rizal Edwin Manangsang mengatakan, King’s College London telah membuat komitmen dengan pemerintah Indonesia untuk menyelenggarakan pendidikan tinggi pada KEK Singhasari.

Menurutnya, kualitas belajar mengajar King’s College London pada KEK Singhasari diharapkan akan persis dengan kualitas King’s Collage London di negara asalnya.


“Pada tahap awal direncanakan kampus King’s College London Singhasari akan menyelenggarakan dua program studi yakni master of digital economy dan master of digital future,” ujarnya dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (20/6).

Baca Juga: KEK Setangga Kalsel Ditargetkan Raup Investasi Rp 67,69 Triliun

Edwin menjelaskan, pembangunan kampus King’s College London di KEK Singhasari ini dilakukan PT Intelegensia Grahatama asal Malang, Jawa Timur, yang ditargetkan rampung pada Juli 2024. Dia bilang, saat ini progres pembangunan KCL di KEK Singhasari telah mencapai 80% pada minggu kedua bulan Juni.

Saat ini, King’s Collage London membuka kuota sebanyak 150 orang pelajar, namun secara bertahap akan bertambah hingga lebih dari 1.000 orang pelajar.

“Nanti kita akan lihat, kita akan memonitor perkembangannya,” terangnya.

Lebih lanjut, Edwin menambahkan, nilai investasi di KEK Singhasari mencapai Rp 1,3 triliun. Nantinya bukan hanya King’s Collage London saja yang berdiri, melainkan akan ada beberapa universitas lagi yang bakal dibangun di Malang.

“Ini KEK pendidikan pertama yang mengundang universitas dari luar negeri, di Indonesia sekarang baru satu, tapi nanti akan ada satu lagi yang muncul di BSD,” tandasnya.

Baca Juga: KEK Tanjung Sauh Kepri Ditargetkan Raup Investasi Rp 199,6 Triliun

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan, hadirnya King’s Collage London diharapkan menjadi penghubung kolaborasi universitas besar di dunia. Selain itu, mampu mendorong SDM unggul.

“King’s Collage London ini akan beroperasi di bulan SepteAmber diharapkan menjadi role model universitas sekitarnya,” kata Airlangga di lokasi yang sama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Khomarul Hidayat