Kini Paulson & Co Akui Ikut Menyusun Abacus



JAKARTA. Kasus dugaan produk collateralized debt obligation (CDO) curang milik Goldman Sachs terus menggelinding. Diam-diam, perusahaan hedge fund Paulson & Co mengakui keterlibatannya dalam membantu pembuatan CDO sintetis Goldman, Abacus.

Pengakuan ini terungkap dalam surat Paulson & Co kepada investornya tertanggal 20 April. Perusahaan pengelola dana yang bertaruh US$ 15 miliar bahwa aset berjaminan utang subprime akan anjlok pada 2007 menyebut tindakannya wajar dan berdasar niat baik.

Pendiri Paulson & Co John Paulson mengaku selalu jujur dalam memberikan pendapat. “Kami juga tidak pernah salah menggambarkan posisi kami,” kata Paulson.


Paulson menambahkan perusahaan selalu melakukan transaksi dengan penuh keterbukaan yang melibatkan ahli-ahli yang berpengalaman. Pandangan dan pendapat yang ada dalam penyusunan kesepakatan transaksi itu berdasar informasi yang ada pada saat itu.

Pada 16 April lalu, Securities and Exchange Commission (SEC) menuduh Goldman curang karena tidak menyebutkan keterlibatan Paulson dalam pemilihan aset yang ada di Abacus kepada investor. Goldman justru mengatakan pemilihan aset itu dilakukan oleh ACA Management LLC.

Memang, pada tuntutan ini, SEC tidak membawa-bawa Paulson & Co. Alasan SEC, sudah menjadi tugas Goldman untuk membuka seutuhnya cara penyusunan CDO.

Beberapa investor yang menanamkan duit di Paulson & Co sudah menyatakan ketidakpeduliannya atas keterlibatan perusahaan ini dalam kasus CDO Goldman. Meski begitu, Paulson terus melakukan aktivitas untuk menjelaskan posisinya kepada investornya.

Pada 19 April, Paulson berbicara dengan sekelompok investor melalui telepon. Hari ini, Rabu (21/4), Paulson menyelenggarakan conference call dengan semua investornya. Bloomberg mendapat informasi ini dari email yang menyertai pengiriman surat Paulson kepada investornya.

Pernyataan Paulson di atas berbeda dengan statemen sebelumnya. Mereka menyanggah tuduhan SEC dan menyatakan perusahaan ini bukan sponsor atau inisiator dari program ABACUS. Mereka juga mengaku tidak terlibat dalam proses marketing CDO ini. "ACA sebagai collateral manager memiliki kekuasaan penuh dalam memilih jaminan dalam CDO," sanggah Paulson.

Editor: