Kini, tol Bali-Mandara layani pembayaran e-money



JAKARTA. Himpunan Bank-Bank Milik Negara (Himbara) bersinergi dengan Jasa Marga untuk pembayaran elektronik jalan tol. Pada tahap awal, Bank Mandiri, Bank Negara Indonesia (BNI) dan Bank Rakyat Indonesia (BRI) mengimplementasikan pembayaran elektronik di gerbang tol Bali Mandara untuk memudahkan masyarakat pengguna jalan tol.

Peluncuran sinergi pembayaran tol elektronik ini dilakukan oleh Menteri BUMN Rini Sumarno bersama Direktur Utama Bank Mandiri Budi Gunadi Sadikin, Direktur Utama BNI Ahmad Baiquni, Direktur Utama BRI Asmawi Syam, Direktur Utama Bank BTN Maryono, dan Direktur Utama PT Jasa Marga Bali Tol Akhmad Tito Karim di Benoa, Bali, Jumat (19/6).

Melalui sinergi ini, masyarakat dapat membayar tol Bali Mandara menggunakan kartu Mandiri e-money, BNI Tapcash, BRI BRIZZI dan nantinya akan diikuti pula oleh kartu e-money BTN.


Saat ini, jalan tol Bali Mandara memiliki 20 unit gardu tol dimana enam diantaranya berada di Nusa dua, tujuh gardu di Ngurah Rai dan tujuh gardu di Benoa. Dari total gardu tol tersebut, sebanyak 11 diantaranya adalah gardu tol otomatis (GTO) yang tersebar di Nusa Dua sebanyak tiga gardu, Ngurah Rai sebanjyak 4 gardu dan Benoa sebanyak 4 gardu.

Menurut Budi Sadikin, implementasi e-payment tiga bank milik negara ini merupakan salah satu realisasi sinergi yang selalu disampaikan Kementerian BUMN sekaligus menjadi langkah awal dalam implementasi e-payment tol nasional.

Khusus untuk implementasi e-payment tol Bank BTN, lanjut Budi, akan dilakukan proses pengembangan terlebih dahulu dan direncanakan baru akan diimplementasikan pada medio Agustus 2015. “Bank Mandiri meyakini dengan semakin banyaknya uang elektronik yang dapat digunakan untuk pembayaran jalan tol, masyarakat tentu akan semakin mudah dan nyaman dalam melakukan transaksi pembayaran tol sehingga mobilitasnya pun semakin optimal. Implementasi ini juga untuk mendukung Gerakan Nasional Non Tunai ,” kata Budi.

Untuk meningkatkan penggunaan uang elektronik di jalan tol Bali Mandara pasca peluncuran sinergi e-payment ini, lanjut Budi, akan dilakukan pemotongan harga untuk penjualan kartu perdana Mandiri e-money, BRI BRIZZI, dan BNI Tapcash.

Kerjasama ini disambut antusias oleh Direktur Utama BRI, Asmawi Syam. “Pembukaan pembayaran tol secara elektronik ini akan memberikan kemudahan yang lebih besar kepada nasabah BRI, khususnya nasabah yang ada di Bali. Bank BRI sangat yakin mampu menjawab tantangan ini dengan uang elektronik yang dimiliki oleh BRI, yaitu BRIZZI,” kata Asmawi.

Tidak hanya itu, BRI juga akan melakukan peluncuran satelit yang diperuntukan bagi industri perbankan di Indonesia yang diberi nama BRISAT. BRISAT ini kelak akan mampu menjangkau dan memberikan layanan yang luas kepada seluruh wilayah Indonesia, bahkan di beberapa Negara ASEAN sehingga teknologi satelit ini nantinya mampu menjawab tantangan bisnis global yang semakin pesat tumbuh dan berkembang untuk layanan perbankan yang real time online, “ tambah Asmawi .

BRI sebagai bank yang memiliki jangkauan unit kerja yang sangat luas, memastikan akan memberikan layanan optimal kepada semua lapisan masyarakat. "Peluncuran satelit yang dilaksanakan pada tahun 2016 mendatang nantinya akan menjadi momentum emas bagi bangsa Indonesia, khususnya dalam dunia perbankan karena BRI adalah satu-satunya Bank di dunia yang akan mengoperasikan satelit sebagai bagian dari proses bisnis perbankan," pungkas Asmawi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto