Kirab Bendara Pusaka Merah Putih dari Monas ke IKN Digelar Sabtu Ini



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Prosesi kirab bendera pusaka merah putih dari Monumen Nasional (Monas) ke Ibu Kota Nusantara (IKN) akan digelar pada Sabtu (10/7/2024) pukul 08.00 WIB.

"Kirab (digelar) tanggal 10 (Agustus 2024) ya, hari Sabtu, dimulai pukul 08.00 WIB dari dalam Cawan Monas," ujar Heru saat ditanya awak media soal prosesi kirab jelang HUT ke-79 RI, di Gedung Kesenian Jakarta, Jakarta Pusat, Rabu (7/8/2024).

Heru mengatakan, rangkaian prosesi kirab bendera pusaka merah putih ini akan melewati jalur biasa di Jakarta mulai dari Monas sampai Bandara Halim Perdanakusuma.


"Ini rangkaian titik rangkaian kirab di Jakarta, dari Monas, Jalan Thamrin, Jalan Gatot Soebroto, Cawang kemudian ke Halim," tutur dia.

Baca Juga: Arus Lalu Lintas Kapal untuk Logistik Meningkat Jelang HUT RI di IKN

Kemudian, ada penyerahkan duplikat bendera pusaka dan duplikat teks proklamasi yang dilakukan oleh pasukan pengibar bendera (Paskibra) ke Heru selaku kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres).

"Prosesi oleh Paskibraka, menyerahkan bendera pusaka dan duplikat pusaka (bendera merah putih) dan duplikat proklamasi," tuturnya.

Sementara itu, dalam prosesi ini, Heru memperkirakan bakal ada 3.000 masyarakat yang ikut meramaikan acara.

“Kemarin Pak Asisten Pemerintah menyampaikan kurang lebih ada keramaian 3.000 masyarakat untuk menyambut dan melihat prosesi ini," ucapnya.

Meski banyak masyarakat yang turun ke jalan, Heru pastikan prosesi kirab ini tidak akan menimbulkan kemacetan di Jakarta.

"Enggak (berdampak kemacetan) itu rangkaian kirab ini biasa saja, melewati jalur jalan yang ada sekarang," ujar Heru.

Baca Juga: Jokowi Bentuk Satgas Percepatan Investasi di IKN, Bahlil Ditunjuk Jadi Ketua

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "10 Agustus, Ada Kirab Bendera Pusaka dari Monas ke IKN ", Klik untuk baca: https://megapolitan.kompas.com/read/2024/08/07/15035461/10-agustus-ada-kirab-bendera-pusaka-dari-monas-ke-ikn.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tri Sulistiowati