MOMSMONEY.ID - Terus berinovasi dalam produk, simak cerita pemilik brand kecantikan lokal berlabel True to Skin berikut ini. Tak dipungkiri, industri kecantikan Indonesia terus menunjukkan peran yang semakin signifikan dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. Melihat peluang ini, banyak
brand kosmetik lokal yang bersaing dan terus menunjukkan inovasi serta daya saing di pasar kecantikan nasional, termasuk True to Skin.
True to Skin menjadi salah satu merek
skincare lokal yang berhasil menarik pasar dengan menawarkan produk-produk berbasis bahan alami dari dalam negeri. Riska Elastria,
Owner True To Skin, menjelaskan, sejak awal True to Skin berdiri, dia berupaya menghadirkan produk yang relevan dengan kebutuhan konsumen Indonesia melalui inovasi berkelanjutan dan formulasi yang berkualitas tinggi. "Beberapa produk yang meliputi Skinlike Porefecting Cushion SPF 35 PA
++++, produk dengan
coverage medium hingga tinggi, hasil akhir satin matte, dan terasa ringan di kulit," katanya dalam keterangan tertulis. "Serta Matcha Oat Gentle Cleanser dan Sunfriends Sunscreen Gel SPF 50 PA
++++, yang efektif melindungi kulit dari paparan sinar UV dengan formulasi yang nyaman untuk iklim tropis," ujar dia. Berdiri pada Desember 2020, True to Skin hadir dari pengalaman pribadi Riska saat menghadapi permasalahan kulit yakni jerawat. Riska saat itu sudah mencoba berbagai produk perawatan kulit dan obat dari dokter, namun kulitnya masih sering iritasi karena belum mengetahui bahan-bahan yang tepat untuk kondisi kulitnya.
Baca Juga: Bisnis Helm Hijmuku Terus Melaju Berkat Dukungan Masyarakat Desa dan Platform Lazada Berangkat dari pengalaman itu, Riska pun terinspirasi menciptakan produk skincare berbahan alami yang aman digunakan oleh segala usia, mulai dari remaja usia 14 tahun hingga orang dewasa, yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan spesifik masing-masing kulit. "Di True to Skin, hanya ada 3 serum yaitu bakuchiol, niacinamide, dan hyaluronic acid, di mana ketiga serum tersebut menjadi
basic skincare dan juga aman yang bisa digunakan setiap hari (termasuk
all skin type)," ungkap Riska. "True to Skin membuat
skincare dari
ingredient yang natural agar semua bisa mencoba tanpa merasa takut atau ada batasan umur namun memiliki manfaat yang luar biasa," imbuhnya. Di tengah persaingan ketat di industri kecantikan, True to Skin pun terus berinovasi dengan strategi pemasaran yang adaptif dan kreatif. Berjualan di
e-commerce yakni Shopee pun menjadi cara jitu True to Skin untuk bisa terhubung dengan para pembelinya. Sejak memanfaatkan fitur Shopee Live untuk berinteraksi langsung dengan konsumen, True to Skin berhasil menghadirkan pengalaman yang lebih personal dan interaktif. Konsumen pun dapat mengenal produk secara langsung, menciptakan koneksi yang lebih dekat antara
brand dan pelanggan. "Shopee Live berhasil berkontribusi sebesar 52% terhadap total pendapatan True to Skin, dan hal ini menunjukkan kekuatan dari interaksi langsung dengan konsumen," sebut Riska. True to Skin juga membangun komunitas dengan program
Affiliate, di mana konsumen dan penggemar produk dapat menjadi mitra, mempromosikan produk melalui media sosial mereka dan mendapatkan komisi. "Dengan langkah ini, kami tidak hanya memperluas jangkauan, tetapi juga menciptakan komunitas brand advocates yang setia, memperkuat kesadaran dan kepercayaan konsumen," tutur Riska. Untuk memberikan pengalaman baru dan menarik bagi pelanggan, True to Skin pun meluncurkan produk eksklusif di Shopee, yaitu
Concealer mulai dari tanggal 20 November 2024.
Baca Juga: Partisipasi Perempuan dalam Pelaksanaan Pembangunan Sangat Berpengaruh Besar Buat mendapatkan produk Skinlike Cover Concealer dari True to Skin harga yang dibanderol Riska di lama Shopee sebesar Rp 69.000. "Kami ingin seluruh masyarakat dapat merasakan inovasi produk terbaru kami dan menemukan
shades yang cocok dengan mudah," kata Riska. "Maka dari itu, untuk peluncuran produk terbaru ini kami berkolaborasi bersama Shopee untuk menjangkau pasar yang lebih luas dan memberikan promo menarik sehingga lebih banyak orang yang dapat mencoba produk ini," tambahnya. Riska mengatakan, strategi tersebut ditempuh untuk menciptakan
hype yang lebih besar dan membangun antusiasme di kalangan pengguna. True to Skin juga berkomitmen untuk memperluas lini produknya dengan fokus pada bahan-bahan alami dan inovasi, mengikuti tren permintaan konsumen akan produk berkualitas dengan harga terjangkau. Dengan kualitas produk yang terjaga dan strategi pemasaran digital yang efektif, True to Skin optimis dapat terus berkembang dan membawa produk
skincare lokal ke tingkat lebih tinggi. Riska pun memberikan apresiasi kepada Shopee yang menjadi ruang bagi pelaku
skincare lokal untuk memperluas pasar mereka.
"Kami berharap, industri kosmetik lokal dapat terus tumbuh dan menjadi kebanggaan Indonesia. Dengan dukungan platform seperti Shopee, kami yakin produk skincare lokal akan semakin digemari, tidak hanya di pasar domestik tetapi juga internasional," ujarnya. "True to Skin akan terus berinovasi untuk menghadirkan produk berkualitas terbaik agar dapat bersaing di industri kecantikan globals," imbuh dia.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News Editor: Jane Aprilyani