Kisah Pengusaha Telur Ayam Niko Manfaatkan Program PUMK



MOMSMONEY.ID - Dukung pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), PT Timah Tbk melakukan pembinaan dan pengembangan lewat pendanaan dalam Program Pendanaan Usaha Mikro Kecil (PUMK) 

Niko adalah salah satu dari sekian banyak pelaku UMKM yang mendapatkan manfaat dari Program PUMK dari Timah.

Bahkan, pengusaha ayam petelur tersebut memanfaatkan program dari anggota Grup MIND ID ini sebanyak tiga kali.


"Program ini bertujuan untuk mengembangkan kompetensi masyarakat di bidang ekonomi," kata Sekretaris Perusahaan MIND ID Heri Yusuf dalam keterangan tertulis, Jumat (15/12).

Niko merupakan warga Desa Badau, Kecamatan Badau, Kabupaten Belitung. Setelah mengikuti program tersebut, usahanya menjadi semakin berkembang.

Niko memulai usaha ayam petelur pada 2016. Usahanya itu pun mengalami pasang surut. "Bibit dan pakan saya dapatkan di Tanjungpandan," kata Niko.

Untuk usia produksi ayam petelur, Niko bilang, ketika umur lima bulan. Adapun ayam berusia 1,6 tahun termasuk ayam dalam masa usia produktif, apalagi jika tidak ada kendala penyakit.

Baca Juga: MIND ID Raih Penghargaan The Best Mining Downstream Transformation

Selain di sekitar Badau dan Tanjungpnadan, Niko juga memasarkan usahanya melalui pemasaran online. Saat ini, produksi telur ayamnya mencapai sekitar 450 sampai 470 per hari.

Adapun jumlah ayam tersebut terdiri dari anakan ayam hingga usia 4 bulan. Dari total tersebut, ia bisa menghabiskan modal sekitar Rp 50 juta. Modal tersebut hanya untuk ayam dan pakan saja, tidak termasuk kandang.

Keberhasilan usahanya ini juga diimbangi dengan perawatan yang sangat detail. Niko terus menjaga agar ayam petelurnya tidak stres, terutama saat cuaca tidak menentu.

Tak hanya mengembangkan usaha ayam petelurnya saja, Niko juga merambah usaha toko kelontong. Nantinya, jika ada tambahan modal dari PT Timah Tbk lagi, ia akan kembali mengembangkan usahanya untuk memenuhi kebutuhan pelanggannya.

Bantuan program PUMK dari PT Timah Tbk juga sangat membantu usahanya di masa pandemi lalu. Niko berharap, PT Timah Tbk akan terus mendukung pengusaha kecil seperti dirinya.

Selain membantu di sisi modal, program ini juga membantu para pengusaha UMKM untuk mengembangkan usaha pertokoan.

Program PUMK PT Timah Tbk juga sejalan dengan komitmen MIND ID dalam pengentasan kemiskinan dan pengurangan kesenjangan.

Hal ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan kualitas serta memperkuat pemberdayaan ekonomi dengan melibatkan masyarakat lokal dalam rantai pasok perusahaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Jane Aprilyani