KONTAN.CO.ID - Reuni bangku sekolah biasanya identik dengan ajang nostalgia dan perjumpaan kembali dengan kawan lama, namun berbeda bagi Akbar Ahya Putra (Putra) dan Muhammad Ramadhana Miftakhuddin (Dhana) yang merupakan dua sahabat satu laboratorium semasa SMA. Di sela-sela obrolan ringan, Dhana yang tengah merintis Helcy Store di Lazada, menyambut baik ajakan untuk menjadi mitra Putra yang membuat produk alami ‘racikan’ sendiri bersama dengan Hafid Kesuma Wardhana (Hafid) sebagai mentor mereka. Kolaborasi inilah yang menjadi awal mula kesuksesan Helcy Store membawa berbagai rangkaian produk alami ramah lingkungan yang kerap masuk ke dalam top 3 ‘best selling product’ di Lazada. Hafid dan Putra kemudian langsung meracik disinfektan alami yang aman dan lembut untuk kulit sebagai salah satu produk pertama mereka untuk merespons pandemi COVID-19. Disinfektan alami yang dipasarkan di Helcy Store mendapatkan respons yang baik di tengah lonjakan permintaan disinfektan kala itu, formula bebas bahan kimia yang unik dengan cepat meraih kategori produk best seller di eCommerce tanah air, Lazada.
Melihat kesuksesan produk pertama mereka, Helcy Store dan tim terus mengembangkan produk pembersih rumah tangga dan merambah pada kategori kecantikan dan perawatan pribadi. Pada 2022 Hafid dan Putra menciptakan Tosca, deodoran alami yang melesatkan popularitas Helcy Store di Lazada. Produk ini awalnya dibuat hanya untuk teman dan keluarga, setelah menerima tanggapan positif yang luar biasa, mereka memutuskan untuk memberanikan diri memasarkan deodoran tersebut di etalase online mereka. Ternyata Tosca disambut dengan sangat baik oleh para pelanggan di Indonesia, khususnya dengan meningkatnya kesadaran konsumen akan dampak keputusan pemilihan produk bagi kesehatan dan lingkungan. Hal yang menarik, meskipun deodoran tersebut awalnya menargetkan wanita muda, para peracik Tosca menemukan bahwa pelanggan wanita juga kerap membeli deodoran alami ini untuk pasangan mereka. Temuan ini membuat tiga sekawan ini memutuskan untuk memperluas lini Tosca dengan menyertakan deodoran untuk pria. Helcy Store kemudian bermitra dengan sebuah pabrik untuk meningkatkan kapasitas produksi untuk Tosca, yang kini menjadi salah satu dari tiga produk perawatan pribadi teratas di Lazada. Hafid, Putra dan Dhana juga berencana untuk mendirikan pabrik sendiri dalam waktu dekat untuk memenuhi permintaan produk mereka yang terus meningkat. Kolaborasi dengan UMKM Lain untuk Berkembang dan Raih Sukses Bersama Sejak meraih kesuksesannya di Lazada, Hafid, Putra dan Dhana lantas tak menjadi pribadi yang tinggi hati hanya memikirkan brand mereka semata. Mereka bertiga justru kian giat membantu pengusaha lain dalam perjalanan digitalisasi usaha. Ketiganya secara aktif mengembangkan jaringan kemitraan dan membimbing banyak penjual dalam berbagai aspek eCommerce, mulai dari meluncurkan toko online di Lazada hingga kurasi produk, branding, dan bahkan manajemen keuangan. “Kami membantu penjual lain dalam jaringan kami yang membutuhkan bantuan dalam mengembangkan bisnis mereka lebih lanjut, terutama mereka yang belum menjual produknya secara online,” ujar Dhana. Hafid, Putra dan Dhana pun sangat vokal dalam mendorong penjual untuk bergabung dengan Lazada, yang menurut mereka menawarkan dukungan penjual terbaik serta komunitas penjual yang kuat. “Lazada menyediakan berbagai dukungan terbaik untuk penjual. menawarkan panduan lengkap dari A sampai Z serta penjelasan tentang berbagai fitur yang tersedia di platform, termasuk penggunaan promosi berbayar atau iklan,” tutur Dhana. “Selain itu, Lazada membina komunitas yang solid lewat Lazada Club, di mana sesama penjual dapat terlibat dalam berbagi pengetahuan dan peluang networking yang bisa memfasilitasi inisiatif cross-selling antar penjual,” tambahnya. Kesuksesan Helcy Store memang tak lepas dari strategi jitu mereka bermitra dengan penjual di sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) lain dan menginisiasi cross-selling. Selain mengoperasikan toko online mereka sendiri di Lazada, Hafid, Putra dan Dhana telah berhasil meningkatkan bisnis mereka secara berkala selama tiga tahun terakhir dengan bermitra dengan penjual lainnya untuk saling menjual produk di lapak masing-masing. Mereka meyakini sebuah brand dapat lebih dipercaya ketika produknya dipasarkan oleh banyak penjual, dan komunitas penjual Lazada Club memberikan mereka banyak kesempatan untuk terkoneksi dengan penjual lokal lainnya sehingga dapat menjalin kemitraan yang saling menguntungkan. Saat ini, Hafid, Putra dan Dhana telah menjalin kemitraan dengan lebih dari 200 penjual di seluruh Indonesia. "Kami percaya bahwa kesuksesan akan lebih bermakna jika diraih bersama. Melalui jaringan kemitraan yang kami bangun awalnya lewat komunitas penjual Lazada Club, kami saling mendukung dan bertumbuh bersama. Kolaborasi dengan para UMKM ini menjadi win-win solution bagi Helcy Store. Kami percaya if you want to go far, go together," ujar Putra. Chief Business Officer Lazada Indonesia, Stefan Winata mengatakan, “Kisah Hafid, Putra dan Dhana dalam mengembangkan Helcy Store dapat dijadikan inspirasi bagi para brand lokal dan UMKM di Indonesia bahwa kolaborasi antar brand dan penjual lokal bisa menjadi strategi jitu mengembangkan bisnis. Selain itu, pemanfaatan dukungan platform eCommerce seperti Lazada, yang dipadukan dengan semangat belajar, berbagi, dan komitmen terhadap inovasi dan kualitas dapat membawa brand lokal menuju kesuksesan. Kami di Lazada bangga menjadi bagian dari perjalanan brand Tosca dan Helcy Store dan akan terus mendukung setiap upaya mereka serta brand lokal dan UMKM lainnya dalam mencapai potensi terbaik melalui berbagai fitur dan layanan di Lazada.” Kisah brand Tosca dan Helcy Store adalah bukti nyata bahwa inovasi, kegigihan, dan semangat kolaborasi dapat membawa kesuksesan di era digital ini. Tertarik mencoba produk alami milik Helcy Store? Kunjungi toko resmi Helcy Store Lazada di sini dan temukan berbagai produk perawatan rumah tangga dan diri yang aman untuk Anda dan keluarga! Tentang Lazada
Lazada Group adalah pionir platform e-commerce di Asia Tenggara. Selama 12 tahun terakhir, Lazada mempercepat kemajuan di Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam melalui perdagangan dan teknologi. Saat ini, ekosistem Lazada yang terus berkembang menghubungkan 160 juta pelanggan kami dengan lebih dari satu juta penjual aktif setiap bulannya, yang bertransaksi dengan aman dan nyaman melalui saluran pembayaran terpercaya, menerima paket melalui jaringan logistik lokal yang telah menjadi yang terbesar di kawasan ini. Di Indonesia, Lazada dikenal sebagai pionir Harbolnas, festival belanja terbesar di tanah air. Masyarakat Indonesia dapat menikmati pengalaman berbelanja yang aman dan nyaman dengan pengiriman cepat dan gratis ongkir, yang didukung oleh layanan logistik Lazada yang menyeluruh. Sebagai bagian dari upaya membangun bisnis e-commerce yang berkelanjutan di Indonesia, Lazada berkomitmen untuk memberdayakan talenta Indonesia agar siap menghadapi masa depan.
Baca Juga: Lazada Ajak Pemburu Promo Sembako Merapat ke SuperWowSale&Main Lucky Egg Festival 6.6 Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti