KONTAN.CO.ID - Jakarta, 28 Februari 2024. Sepatu, merupakan salah satu pelengkap yang dapat menunjang penampilan seseorang dan di saat yang sama juga memiliki fungsi penting sebagai alas kaki. Lalu, apakah saat berbelanja sepatu, seseorang harus memilih antara fungsi yang menjawab kebutuhan atau estetika yang dapat meningkatkan gaya fashionnya? VAIA, brand lokal milik Affania Fariza Balqis yang telah didirikan sejak 2017, menjadi jawaban bagi banyak masyarakat Indonesia untuk mendapatkan sepatu dengan desain elegan, kualitas unggul serta nyaman saat digunakan. Dalam rangkaian kampanye Shopee 3.3 Grand Fashion Sale yang akan berlangsung hingga 3 Maret nanti, VAIA berbagi kisah perjalanannya dalam memasuki industri fashion lokal dan bagaimana peran Shopee mendorong VAIA untuk terus berkembang dengan berbagai program dan fitur yang menguntungkan bagi seluruh pengguna, baik penjual maupun pembeli.
Langkah Awal Perjalanan VAIA: ‘Keinginan Mengubah Situasi’
Menjadi seorang ibu dan wanita karir, Affania memiliki keinginan untuk dapat tetap menjaga penampilan dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Tidak pernah terpikirkan olehnya, berangkat dari kesulitan yang kerap ia temui saat mencari sepasang sepatu ternyata mendorong lahirnya ide bisnis untuk ia mulai berkarya.- Comfort, bagaimana produk VAIA berhasil mengkombinasikan gaya dan kenyamanan dalam setiap pasang sepatu
- Quality Craftsmanship and material, setiap produk VAIA dibuat dengan craftmanship yang teliti serta menggunakan material terbaik di kelasnya
- Timeless elegance, VAIA memastikan bahwa setiap desain yang dibuat memberikan sensasi elegan kepada pengguna-nya, VAIA Lady.
Berjalan Berdampingan Kembangkan Potensi bersama Shopee
“Pada kuartal 4 di tahun 2020, merupakan momen dimana kami memutuskan untuk bergabung dengan Shopee. Tahun yang sangat menantang bagi para pelaku usaha, termasuk VAIA. Sulit membayangkan, untuk berjualan sepatu di saat semua pihak sedang melakukan pembatasan. Salah satu adaptasi yang dapat kami lakukan dalam penjualan dan pemasaran adalah bergabung dengan Shopee. Saat itu, Shopee tidak hanya diminati masyarakat untuk memenuhi kebutuhan, tetapi juga menjadi salah satu strategi yang sangat membantu bagi para pengusaha untuk tetap menjalankan bisnis. Setelah 2 hingga 3 bulan setelah bergabung, perlahan kami bangkit, khususnya dengan hadirnya kampanye angka kembar dan lebaran yang bisa meningkatkan penjualan VAIA hingga 80% dari sebelumnya,” lanjut Affania. Bagi VAIA, hadirnya Shopee memudahkan pelaku usaha untuk beradaptasi melalui kampanye, fitur hingga program. Hal-hal lainnya yang dapat dioptimalkan antara lain bundling, Shopee Live, Shopee Ads, Affiliate hingga gratis ongkir menjadi beberapa dari banyak aspek yang membantu perkembangan bisnis VAIA hingga saat ini. “Layaknya tren sepatu yang terus bergerak, kami pun terus belajar untuk memahami kemajuan teknologi dan perputaran tren belanja online. Senang sekali VAIA dapat berjalan berdampingan dengan Shopee yang telah menemani langkah kami di tengah era digital yang terus berkembang. Sama seperti visi dan misi VAIA untuk memberikan kenyamanan dan gaya dari sepasang sepatu, poin ini juga menjadi pilar dalam menjaga keberlangsungan bisnis,” tambah Affania. Setelah situasi mulai bangkit pasca pandemi, VAIA tetap gigih dalam memberikan pengalaman belanja yang baru bagi konsumen. Hal ini VAIA lakukan antara lain melalui;- Bangun Kedekatan dengan Fitur Interaktif: Affania sadar bahwa kemajuan teknologi juga ikut berperan dalam gaya belanja online konsumen yang dinamis. Melalui sesi live streaming di Shopee Live, VAIA kerap memanfaatkan interaksi secara langsung untuk semakin meningkatkan daya tarik konsumen dan memberikan informasi produk yang lebih jelas. Hal ini pun membawa pengaruh signifikan, khususnya dalam meningkatkan penjualan dan eksposur hingga adanya pembeli baru.
- Garansi Bebas Pengembalian: Berjualan sepatu melalui ranah digital, bukanlah hal yang mudah. Dengan perbedaan bentuk kaki hingga jenis masing-masing sepatu, kerap membuat konsumen ragu dan ingin melihat secara langsung. Berangkat dari hal ini, VAIA pun melihat potensi baik dari Program Garansi Bebas Pengembalian. "Pada awal tahun 2024, kami sudah bergabung dalam Program Garansi Bebas Pengembalian. Sebagai penjual, kami merasa program ini bisa memberikan experience baru terhadap konsumen kami. Para konsumen kami yang awalnya mungkin masih ragu-ragu, sekarang dapat dengan mudah berbelanja di toko kami tanpa perlu takut jika barang tidak sesuai dengan keinginan mereka. Program ini tentunya sangat berguna karena bisa turut membantu mendorong peningkatan pesanan, terutama dari konsumen-konsumen yang masih takut berbelanja online. Sehingga, program ini juga bisa membantu kami dalam hal customer acquisition. Selama kurang lebih 2 bulan ini bergabung dalam Program Garansi Bebas Pengembalian, belum ada pembeli yang melakukan pengembalian produk, karena memang kami memberikan data seperti foto dan keterangan yang jelas sesuai dengan fisik produknya, namun ke depannya kami harap program ini juga bisa membantu kami dalam merangkul konsumen VAIA,” tutup Affania.
VAIA: Mengawali Persiapan Ramadan dalam Rangkaian 3.3 Grand Fashion Sale
VAIA selalu berupaya untuk terus berinovasi dalam menghadirkan produk terbaru yang bisa dinikmati oleh konsumennya. Menyambut bulan Ramadan yang akan hadir sebentar lagi, VAIA tengah mempersiapkan koleksi ‘RAYA’ nya. Ketiga koleksi spesial yang akan kami keluarkan memiliki karakter yang berbeda sesuai dengan peruntukan penggunaannya seperti untuk dipakai casual bersilaturahmi ke sanak saudara, halal-bihalal keluarga, dan lainnya. Tentu warna dan desainnya akan menarik yang disesuaikan juga dengan trend yang berkembang.- Kombo Hemat
- Diskon hingga 25%
- dan akan restock produk-produk terlaris dalam jumat terbatas pada periode ini!