KITA Finance lirik pembiayaan sektor pendidikan



JAKARTA. PT Kencana Internusa Artha Finance alias KITA Finance sepertinya tidak akan melewatkan kesempatan untuk menggarap lini usaha pembiayaan di luar otomotif. Setelah menyiapkan lini usaha pembiayaan elektronik dan perabotan rumah tangga untuk tahun depan, kini anak usaha PT Bank CIMB Niaga Tbk tersebut melirik pembiayaan multiguna.

Ernin Saleh, Direktur KITA Finance mengungkapkan, pihaknya berancang-ancang merilis pembiayaan multiguna di sektor pendidikan. “Jadi, kami akan masuk ke pembiayaan untuk pendidikan di tingkat perguruan tinggi. Nanti kami akan kerja sama dengan lembaga pendidikannya,” ujarnya, Senin (22/12).

Saat ini, manajemen KITA Finance masih melakukan kajian model bisnisnya. Maklumlah, pembiayaan multiguna untuk sektor pendidikan ini tidak memiliki agunan. Tidak hanya itu, manajemen juga akan melakukan konsultasi dengan regulator terkait, yakni Otoritas Jasa Keuangan, sembari menunggu POJK perluasan lini usaha multifinance terbit.


Menurut Ernin, belum ada multifinance yang menggarap pembiayaan multiguna di sektor pendidikan. Padahal, potensi bisnisnya cukup besar di samping nilai sosial untuk membantu mencerdaskan bangsa. “Kami harapkan, lini usaha ini bisa jalan tahun depan,” terang dia.

Sampai hari ini, KITA Finance masih menggeluti pembiayaan konsumen untuk kendaraan bermotor roda empat, baru dan bekas. Adapun, 70% di antara mobil-mobil yang dibiayainya bermerek Honda dan sisanya mengalir ke mobil non Honda. Sedangkan, 90% dari total pembiayaan perseroan untuk mobil baru.

Per November 2014, KITA Finance tercatat menyalurkan pembiayaan baru sebesar Rp 1,2 triliun. Pada akhir tahun nanti, diperkirakan pembiayaan barunya mencapai Rp 1,4 triliun. Dengan perluasan lini usaha pembiayaan ke elektronik dan perabotan rumah tangga dan pembiayaan multiguna diharapkan pertumbuhan pembiayaan tahun depan menjadi dua kali lipat atau sebesar Rp 2,2 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Hendra Gunawan