KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengandeng platform digital untuk memperkuat Pasar Luat Indonesia. Kerjasama ini juga membuka peluang pemasran yang lebih luas bagi pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Melalui Pasar Laut Indonesia, Ditjen Penguatan Daya Saing Produk kelautan dan Perikanan (PDSPKP), mendorong UMKM sektor KP untuk terjun dan memanfaatkan akses pasar digital tersebut. Terlebih telah ada Nota Kesepahaman (NK) antara Dirjen PDSPKP dengan platform pemasaran digital seperti Tanihub, Aruna, Gojek dan Grab.
"Platform lain seperti Shopee dan Bukalapak meskipun belum bekerjasama dengan Ditjen PDSPKP, namun telah memiliki komitmen yang sama untuk mendukung UMKM sektor kelautan dan perikanan yang tergabung dalam Pasar Laut Indonesia," kata Dirjen PDSPKP, Artati Widiarti dalam keterangannya, Minggu (25/10).
Baca Juga: Naik 75%, ekspor benih lobster di Agustus 2020 capai Rp 94,5 miliar Komitmen tersebut ditunjukkan dengan pelatihan virtual yang digelar Shopee kepada 84 UMKM yang tergabung dalam Pasar Laut Indonesia pada 16 – 19 Oktober 2020. Para UMKM dibekali dengan materi antara lain cara buka toko, pengaturan toko, pengaturan akun, pengaturan produk, pendaftaran gratis ongkir, pengaturan foto produk, pengaturan pengiriman, pengaturan harga produk dan pengaturan pembayaran (rekening). Pasca pelatihan, Tim Shopee akan melakukan pendampingan terhadap UMKM, termasuk memantau kendala yang dihadapi pada proses onboard dan selama berjualan di Shopee. Bagi UMKM yang berminat untuk mendapatkan pelatihan tambahan, Shopee menyediakan Kelas Lanjutan (Bimbel Shoppe) yang sifatnya regular dan akan disesuaikan dengan lokasi kotanya. Sementara platform lain seperti Aruna juga telah melakukan seleksi dan kurasi terhadap UMKM yang tergabung dalam Pasar Laut Indonesia. Dari 26 UMKM yang masuk dalam kriteria, baru 9 UMKM yang akan dijajaki untuk proses kerjasama selanjutnya.
"Beberapa platform pemasaran digital lainnya, seperti Gojek, akan melakukan pelatihan pada 28-29 Oktober 2020, sedangkan Grab dan Bukalapak akan mengatur jadwal untuk pelatihan selanjutnya," terang Artati.
Baca Juga: KKP dorong produk UMKM pengolahan ikan Jabar naik ke tingkat nasional Artati berharap kerjasama dan dukungan platform pemasaran digital terus dilakukan terhadap UMKM sektor KP, sehingga target 500 produk dari UMKM unggulan dalam Pasar Laut Indonesia bisa terwujud. Tujuannya agar akses pemasaran dan jaringan para UMKM bertambah luas dan produknya semakin dikenal masyarakat. "Di masa pandemi Covid 19 saat ini, pemasaran digital menjadi pola berjualan yang ampuh dan efektif yang pada akhirnya akan mempertahankan dan bahkan dapat meningkatkan penjualan produk para UMKM," urainya.
Editor: Noverius Laoli