Kobexindo Serahkan 2 Unit Sibilia Truck Vacuum ke Freeport Indonesia



KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. PT Kobexindo Equipment (KOBE), anak perusahaan PT Kobexindo Tractors Tbk (KOBX), menyerahkan dua unit SIBILIA Truck Vacuum S24D kepada PT Freeport Indonesia (PTFI) di Gresik, Jawa Timur.

SIBILIA Truck Vacuum S24D merupakan alat berat industrial yang dipasang pada truk diesel 6X4 dengan kapasitas mesin 7.684 cc. Alat ini menggunakan mesin diesel 4 langkah segaris yang telah memenuhi standar emisi Euro 4, dirancang untuk mendukung mobilitas pekerjaan. 

Mesin vacuum ini, yang diproduksi di Italia, telah memiliki pengalaman lebih dari 80 tahun dan dilengkapi dengan mesin diesel auxiliary berdaya 136HP. Mesin ini mampu menghasilkan daya hisap sebesar 8.300 DaPa. 


Baca Juga: Kobexindo Tractors (KOBX) Fokus Bidik Pertumbuhan Pendapatan 10% Tahun Ini

Selain itu, S24D dilengkapi dengan tanki penampungan debu/limbah berkapasitas 10m³ dan telah memperoleh sertifikat ATEX, yang menjamin keamanan produk di lingkungan berpotensi ledakan.

Suryanto, Direktur PT Kobexindo Equipment, menyatakan kebanggaannya dalam mendukung Freeport Indonesia menerapkan kebijakan zero waste serta menjaga standar tinggi Kesehatan, Keselamatan, dan Lingkungan (K3) di seluruh operasionalnya. 

SIBILIA S24D dirancang untuk pengelolaan limbah industri dalam skala besar, mendukung produktivitas Freeport dengan mengelola limbah secara efisien, mengurangi waktu henti operasi, dan menjaga kebersihan area smelter.

Baca Juga: Hadapi Persaingan Alat Berat China, Ini Strategi Kobexindo Tractors (KOBX)

Smelter kedua milik PTFI yang menerima alat ini resmi beroperasi sejak 27 Juni 2024. "Smelter ini memproduksi katoda tembaga yang menjadi bahan baku penting untuk berbagai industri hilir seperti kabel, elektronik, dan listrik," ujarnya dalam siaran pers, Selasa (17/9).

Pada semester pertama 2024, segmen penjualan unit alat berat Kobexindo tercatat mencapai Rp499,93 miliar, setara dengan 56,25% dari total pendapatan konsolidasi Perseroan, yang merupakan yang tertinggi di antara segmen usaha lainnya.

Gabrielle Azelia, Corporate Secretary PT Kobexindo Tractors Tbk, menjelaskan, Kobexindo berkomitmen untuk memperkuat segmen non-pertambangan, termasuk sektor manufaktur, dengan fokus pada penyediaan alat berat ramah lingkungan. 

Baca Juga: Kobexindo Tractors Pasok Mesin Sapu untuk Pabrik Semen

"Melalui KOBE, kami menyediakan solusi penanganan lingkungan, material, serta logistik yang sesuai dengan kebutuhan industri dan mendukung praktik bisnis yang berwawasan lingkungan,” ucapnya.

Selanjutnya: Philip Morris Jual Produsen Inhealer Asma ke Molex Asia

Menarik Dibaca: Promo Beli Tiket Konser Secret Number, Diskon 50% pakai BCA!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli