Koki cuti tanpa gaji, Trump ganti sajian dari Mc Donald's dan Wendy's



KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Saat pemerintah shutdown, Presiden AS Donald Trump mengadakan pesta di Gedung Putih Senin  lalu (14/1). Namun, ada yang berbeda dalam acara tersebut. Piring-piring perak di atas meja terlihat berisi makanan cepat saji dari McDonald's dan Wendy's.

Padahal biasanya, Koki Gedung Putih menyajikan hidangan yang mewah di di State Dining Room. Hanya saat ini, mereka sedang cuti dan harus tinggal di rumah tanpa gaji karena shutdown.

Meski demikian, Trump justru memuji hidangan cepat saji itu tersebut. Di hadapan Clemson Tigers, tim sepak bola yang memenangkan kejuaraan kampus berkunjung ke Gedung  Putih,   Trump bahkan menyebut ini adalah makanan Amerika yang enak.  "Kami memiliki pizza, 300 hamburger, banyak kentang goreng, semua makanan favorit kami," kata Trump kepada wartawan. (14/1)

Trump mengatakan, ia tidak ingin menutup pestanya sampai shutdown berakhir. Meski shutdown pemerintahan AS kali ini merupakan yang terpanjang dalam sejarah.

Sekitar seperempat dari pemerintahan federal ditutup selama 24 hari terakhir lantaran Trump tengah berusaha menepati janji dalam kampanyenya untuk membangun tembok di perbatasan selatan AS dengan Meksiko. Ia menuntut dana sebesar US$ 5,7 miliar dari Kongres untuk proyek tersebut. Namun Partai Demokrat telah menolak permintaannya.

Editor: Titis Nurdiana