Kolaborasi Asuransi dan Edukasi, CAR Life Insurance dan Cakap Tingkatkan Kualitas SDM



MOMSMONEY.ID -  PT AJ Central Asia Raya (CAR Life Insurance) menjalin kerjasama dengan PT Cerdas digital Nusantara (Cakap), Kamis (16/11). Siswa Cakap nantinya akan mendapat pembelajaran baru mengenai manfaat asuransi perlindungan kecelakaan dari CAR Life Insurance.

Sedangkan, Cakap akan berkontribusi dalam peningkatan kapasitas keterampilan (upskiling) ekosistem CAR Life Insurance dengan menyelenggarakan pelatihan sesuai kebutuhan perusahaan bagi karyawan hingga agen asuransi. 

Saat ini makin banyak perusahaan yang menyadari pentingnya peningkatan kapasitas dan kapabilitas talenta atau sumber daya manusia (SDM) yang mereka miliki, atau biasa disebut upskilling. Lembaga riset global Gallup, pernah merilis data bahwa perusahaan yang melakukan investasi strategis dalam pengembangan SDM/karyawan, mengalami peningkatan keuntungan/profit hingga 11%.


Hal ini turut menjadi concern dari sejumlah perusahaan, termasuk oleh perusahaan asuransi PT AJ Central Asia Raya (CAR Life Insurance). “Keterampilan pekerja Indonesia masih perlu ditingkatkan, saya percaya sinergi dengan platform pendidikan akan menghasilkan sesuatu yang lebih baik,” tutur Freddy Thamrin, CEO CAR Life Insurance, dalam keterangan tertulis. 

Antonius Probosanjoyo, Chief Marketing Officer CAR Life Insurance juga berharap kerjasama ini menjadi batu loncatan untuk lebih memperluas sekaligus edukasi masyarakat Indonesia untuk asuransi jiwa, terutama pada generasi muda. 

Sementara, Jonathan Dharmasoeka, Chief Financial Officer Cakap, menyambut baik kerja sama ini, karena sejalan dengan visi dan misi Cakap. “Visi-misi perusahaan adalah meningkatkan taraf hidup masyarakat dengan memberikan pelatihan peningkatan keterampilan berkualitas tinggi dengan sertifikasi terakreditasi Kerja sama ini sangat strategis, karena 70% dari siswa Cakap berada di rentang usia produktif,” ujar Jonathan.

Sejak berdiri pada 2019, Cakap telah memiliki lebih dari empat juta siswa melalui lebih dari 1.000 pilihan kursus yang tersedia. Dari besarnya data tersebut, CAR Life Insurance berharap, literasi dan penetrasi produk asuransi terutama asuransi jiwa bisa lebih luas dan tepat sasaran. 

Apalagi data pada tahun 2022 menunjukkan bahwa penetrasi asuransi di Indonesia hanya mencapai 2,75%, lebih rendah dibandingkan negeri jiran Malaysia di angka 3,8%, dan jauh lebih rendah lagi dibandingkan Singapura yang mencapai 12,5%.

Sejalan dengan hal tersebut, Cakap akan menyediakan kelas yang disesuaikan dengan kebutuhan CAR Life Insurance dalam mengembangkan kapasitas karyawannya, mulai dari Bahasa Inggris hingga bisnis. Sehingga nantinya talenta di bawah ekosistem CAR Life Insurance bisa meningkatkan kapasitas diri maupun memperluas jaringan yang baik bagi pengembangan karier mereka. 

Baca Juga: Kolaborasi Visa dan Edtech Cakap, Bekali UMKM Literasi Keuangan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Danielisa Putriadita