Kolaborasi Nyata tiket.com & Kemenparekraf Tingkatkan Kapabilitas Pelaku Desa Wisata



KONTAN.CO.ID -  Sebagai Online Travel Agent (OTA) pertama di Indonesia, tiket.com pada tahun ini kembali menghadirkan program kolaborasi lokakarya edukatif bersama Kemenparekraf RI, Jagoan Pariwisata 2023. Program ini merupakan bagian dari rangkaian program untuk meningkatkan industri pariwisata di Indonesia. Sesuai dengan tema “Empowering Local Champion for Sustainable Growth”, kami mengajak teman-teman pelaku usaha desa wisata untuk meningkatkan kapabilitas usahanya agar usahanya lebih berkelanjutan (sustainable).

Kegiatan Jagoan Pariwisata kami rancang khusus bertujuan agar dapat memberikan pendampingan (mentoring) kepada para pelaku usaha wisata yang berada di bawah naungan Jejaring Desa Wisata (JADESTA). Dengan demikian pemilik usaha wisata dapat memahami potensi masing-masing sehingga lebih dapat bersaing secara nasional bahkan global dan berkontribusi terhadap pertumbuhan sektor pariwisata nasional.

Saat memberikan sambutan dalam kegiatan Sosialisasi Jagoan Pariwisata 2023 pada hari Jumat (18/8), Gaery Undarsa, Co-Founder & Chief Marketing Officer, tiket.com, mengatakan, “Melalui Jagoan Pariwisata 2023, kami kembali mengajak teman-teman pemilik usaha desa wisata untuk meningkatkan kapabilitas usahanya agar usahanya lebih berkelanjutan.”


Dalam kesempatan yang sama, Martini M. Paham, Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan Kemenparekraf/Baparekraf mengajak para penggiat desa wisata untuk memanfaatkan kesempatan ini guna meningkatkan usahanya di bidang pariwisata.

“Desa Wisata memiliki potensi untuk dapat memenuhi tren dan kecenderungan wisata. Oleh karena itu saya berharap kegiatan ini dapat menjadi kesempatan bagi rekan-rekan pengelola Desa Wisata untuk selalu mengembangkan produk yang sustainable dan ramah lingkungan sehingga dapat mendukung pariwisata yang berkelanjutan di Indonesia.”

Dalam pelaksanaan tahun kedua program Jagoan Pariwisata akan dilakukan kegiatan mentorship terpadu di lima desa wisata di Indonesia; Desa Wisata Undisan di Bangli (Bali), Desa Wisata Sudaji di Buleleng (Bali), Desa Wisata Semen di Blitar (Jawa Timur), Desa Wisata Selasari di Kabupaten Pangandaran (Jawa Barat), dan Desa Wisata Dieng Kulon di Kabupaten Banjarnegara (Jawa Tengah) yang akan menjadi fokus utama.

Untuk bergabung menjadi peserta dari Jagoan Pariwisata 2023, para pemilik usaha di desa wisata cukup mengakses formulir pendaftaran melalui link Daftar Jagoan Pariwisata 2023. Melalui proses ini, tiket.com bertujuan untuk mengumpulkan pelamar sebanyak mungkin UMKM yg ingin bergabung dalam program Jagoan Pariwisata.

Selanjutnya, tiket.com akan melakukan kategorisasi sesuai dengan lini bisnisnya untuk mendapatkan mentorship dari karyawan tiket.com dalam membuat perencanaan bisnis terpadu. Setelah itu, semua partisipan akan disertakan dalam proses business pitching dan dikurasi menjadi 15 besar agar dapat dinilai oleh para juri dan diseleksi untuk mendapatkan pemenang dari 4 kategori yang ditentukan.

Program ini memiliki tiga tahapan; Pendaftaran (18 Agustus – 4 September), Pembinaan dan Kompetisi (11 September – 26 Oktober), hingga Pengumuman Pemenang (30 Oktober).

Para pelaku usaha di desa wisata ini akan berkompetisi dan merumuskan strategi bisnis terbaiknya untuk dapat memenangkan penghargaan dalam empat kategori, yakni Best Tourist Attraction, Best Accommodation, Best Digital & Creative, serta Best Beti Dewi (Beli Kreatif Desa Wisata). Sebagai apresiasi 4 kategori pemenang dari Jagoan Pariwisata 2023 akan menerima hadiah modal usaha dan berkesempatan memiliki eksposur bisnis di media sosial tiket.com.

Tentang tiket.com

tiket.com adalah pionir online travel agent (OTA) di Indonesia yang berdiri sejak tahun 2011. tiket.com merupakan salah satu perusahaan travel online terbesar dan terlengkap di Indonesia yang menawarkan tiket penerbangan, kereta, akomodasi, villa & apartemen, tiket acara, sewa mobil, serta kebutuhan perjalanan lainnya. Misi kami adalah untuk mengakomodasi akses online travel booking terbaik melalui web dan aplikasi mobile.

Pada tahun 2017, tiket.com berafiliasi dengan Blibli dan pada tahun 2021 menjadi anak perusahaan terkonsolidasi dari Blibli. Blibli memiliki unified omnichannel ecosystem yang disebut sebagai Blibli Tiket terdiri dari entitas anak, tiket.com dan Ranch Market, untuk menegaskan sinergi ekosistem yang memberikan kemudahan serta nilai tambah bagi pelanggan, dengan menyediakan layanan lebih lengkap, bermanfaat juga terintegrasi di setiap channel dan platform.

tiket.com memperoleh predikat sebagai OTA dengan pertumbuhan tercepat dari Sabre dan dinilai memiliki tingkat pertumbuhan Net Promotor Score (NPS) tercepat di antara OTA lainnya oleh Survey Jakpat.

Baca Juga: Online Travel Agent tiket.com Manfaatkan Momentum Liburan untuk Gaet Wisatawan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti