Kominfo: Tidak ada infrastruktur telekomunikasi yang terdampak gempa NTT



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Komunikasi dan Informatika telah memerintahkan jajaran Kementerian Kominfo terkait untuk segera melakukan pengawasan kualitas jaringan telekomunikasi di area Nusa Tenggara Timur dan menindaklajuti kendala penyediaan layanan jaringan telekomunikasi pasca gempa bumi pada hari ini, 14 Desember 2021.

Juru Bicara Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Dedy Permadi mengatakan, sesuai laporan yang diterima oleh Kementerian Kominfo dari operator seluler pada pukul 13.00 WIB hari ini, tidak ada infrastruktur telekomunikasi yang terdampak akibat gempa yang terjadi.

Adapun operator yang menyediakan layanan jaringan telekomunikasi di daerah terdampak gempa antara lain meliputi Telkomsel, Indosat, XL Axiata dan Telkom. "Keseluruhan jaringan para operator seluler masih menunjukkan status aman dan tidak ada site Base Transceiver Station (BTS) yang down/off,"ujar Dedy dalam keterangan tertulisnya, Selasa (14/12).

Baca Juga: Sebanyak 230 rumah rusak berat pasca gempa bumi magnitudo 7.4 di Flores Timur

Kementerian Kominfo akan terus melakukan pengawasan terhadap ketersediaan jaringan telekomunikasi di area yang terdampak gempa untuk kemudian melakukan langkah pemulihan terhadap infrastruktur telekomunikasi yang mengalami kendala apabila diperlukan.

Sebelumnya, BKMG telah mengeluarkan peringatan dini potensi tsunami akibat gempa magnitudo 7,4 di NTT. Merujuk situs BMKG, gempa bumi terjadi pada 10.20 WIB. Lokasi gempa berada 113 km barat laut Larantuka, NTT.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .