Komisi III DPR RI Setujui Naturalisasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders



KONTAN.CO.ID - Komisi III DPR RI akhirnya menyetujui rekomendasi pewarganegaan atau naturalisasi untuk dua calon pemain tim nasional Indonesia, Mees Hilgers dan Eliano Reijnders.

Persetujuan ini disampaikan Komisi II saat mengadakan rapat kerja dengan Menpora, Ario Bimo Nandito Ariotedjo (Dito Ariotedjo) hari Selasa (17/9) di Gedung DPR RI.

Pertemuan ini juga dihadiri oleh Sekjen PSSI Yunus Nusi beserta anggota Komite Eksekutif PSSI, Vivin Cahyani Sungkono.


Pimpinan rapat, Pangeran Khairul Saleh, memastikan Komisi III telah menyetujui pertimbangan kewarganegaraan Indonesia kepada Mees Hilgers dan Eliano Reijnders.

Baca Juga: Debut Maarten Paes di Stadion Gelora Bung Karno: Fans Sangat Luar Biasa!

"Hadirin yang berbahagia, dengan telah disetujuinya pertimbangan kewarganegaraan Indonesia kepada Mees Hilgers dan Eliano Reijnders, maka selesai sudah seluruh rangkaian kegiatan pada hari ini, rapat ini dapat kita akhiri, kami pimpinan Komisi III mengucapkan terima kasih," katanya. 

Setelah ini proses naturalisasi masih harus melewati rapat kerja dengan Komisi X DPR, lalu ke paripurna DPR dan berlanjut ke Keputusan Presiden (Keppres).

Tahap terakhir adalah pengambilan sumpah kewarganegaraan oleh Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham). Setelah mendapatkan status Warga Negara Indonesia (WNI), Mees dan Eliano akan langsung mengurus perpindahan federasi.

Baca Juga: Coach STY: Mees dan Eliano Mungkin Debut Timnas Bulan November

Selangkah Lagi Menuju Timnas

Mees Hilgers memiliki keturunan Indonesia dari darah ibunya. Kakek dan Neneknya merupakan kelahiran Indonesia. Kakeknya bernama Hendrik Victor Tombeng yang lahir di Ambon pada 22 April 1924.

Neneknya bernama Muhija Muchtar, lahir di Jakarta pada 4 Mei 1926. Ayahnya bernama Vincent Frans Hilgers dan ibunya bernama Linda Tombeng.

Eliano Reijnders memiliki keturunan Indonesia dari darah ibunya. Ibu dan kakeknya merupakan kelahiran Indonesia.

Kakeknya bernama Jantje Lekatompessy, lahir di Meester Cornelis (Jatinegara) Jakarta pada 29 Desember 1947.

Ibunya bernama Angelina Syane Lekatompessy, lahir di Jakarta pada 18 November 1976. Eliano saat ini memiliki istri yang juga keturunan Indonesia.

Selanjutnya: Link Live Streaming Borneo FC vs Malut United di BRI Liga 1 Pukul 19.00 WIB

Menarik Dibaca: Perhatikan! Inilah Ciri-Ciri Kolesterol Naik yang Sering Terabaikan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News