Komisi XI DPR terbang ke Inggris malam ini



JAKARTA. Wakil Ketua Komisi XI DPR RI Andi Timo Pangerang memastikan, malam ini (20/5), rombongan yang dipimpinnya akan berangkat ke Inggris guna melakukan studi banding terkait penyusunan Rancangan Undang-Undang Usaha Perasuransian. Menurutnya ini merupakan rombongan kedua dari tim yang sebelumnya telah berangkat ke Amerika Serikat.

“Iya nanti malam akan berangkat,” kata Andi saat ditemui di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (20/5).

Menurutnya, pemilihan negara tersebut dilakukan karena mereka sudah memiliki sistem perasuransian yang sudah matang. Politikus Partai Demokrat itu mencontohkan, Inggris mulai membangun industri perasuransian sejak 3,5 abad yang lalu dengan perusahaan asuransi jiwa bernama Lloyds.


Andi mengatakan selain ke Lloyds, Komisi XI juga akan berkunjung ke  Kementerian Keuangan, Parlemen Inggris, Otoritas Pengaturan dan Pengawasan Sektor Jasa Keuangan Inggris serta beberapa asosiasi perasuransian seperti Association British Insurance (ABI) dan British Insurance Broker’s Association (BIBA).

“Jadi, nanti kami akan belajar mengatur penjaminan pemegang polis. Kami juga akan belajar mengenai mekanisme, cara pengajuan dan pola penjaminan, termasuk juga bagaimana cara mendirikan perusahaan asuransi,” urainya.

Sebelumnya, pada 4 Mei-10 Mei lalu, rombongan pertama komisi XI yang dipimpin oleh Wakil Ketua DPR RI Harry Azhar Aziz telah melakukan kunjungan ke Amerika Serikat. Berdasarkan data yang dihimpun oleh sekertariat komisi, kunjungan ke Amerika tersebut dilakukan di California Department of Insurance, California Health and Life Insurance Guarantee, California Commision Insurance, dan beberapa perusahaan asuransi. Komisi Keuangan sendiri menargetkan RUU Usaha Perasuransian tersebut selesai pada masa sidang ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie