Komite Palestina PBB Apresiasi Komitmen Dukungan Indonesia



KONTAN.CO.ID - Delegasi Biro Committee on the Inalienable Rights of the Palestinian People (CEIRPP) atau Komite Palestina PBB telah selesai melaksanakan kunjungannya ke Jakarta pada hari Jumat (5/7). Kunjungan ini merupakan bentuk apresiasi terhadap komitmen Indonesia dalam mendukung perjuangan Palestina.

Mengutip laman resmi Kemlu RI, delegasi diketuai oleh Wakil Tetap Senegal untuk PBB. Anggotanya adalah Wakil Tetap Indonesia, Malaysia, Namibia, Nikaragua, serta Palestina sebagai pengamat tetap di PBB.

Di Indonesia, perwakilan Biro Komite Palestina PBB melakukan pertemuan dengan Wakil Presiden, Menteri Luar Negeri, DPR, Wakil Tetap Negara-Negara ASEAN, serta perwakilan masyarakat madani.


Baca Juga: Netanyahu Ngotot Ingin Teruskan Serangan ke Gaza Meski Ada Gencatan Senjata

Beberapa pesan kunci turut lahir dalam rangkaian kunjungan yang dimulai pada 3 Juli tersebut, yaitu:

  1. Komite memberikan apresiasi terhadap Indonesia yang memperjuangkan isu Palestina dalam berbagai forum internasional.
  2. Pengakuan yang lebih banyak terhadap negara Palestina dianggap sebagai langkah penting menuju perdamaian dan solusi 2 negara serta keanggotaan penuh Palestina di PBB.
  3. Bantuan kemanusiaan tetap menjadi prioritas. Untuk itu, dipandang penting untuk mencari inovasi dalam penggalangan dana dan penyaluran bantuan.
  4. Semua pihak kiranya terus suarakan gencatan senjata yang permanen dan segera untuk hentikan kekerasan di Gaza dan Tepi Barat.
Baca Juga: Israel Berencana Caplok 12,7 Km Persegi Lahan di Lembah Yordan

Biro Komite Palestina PBB juga mengunjungi Masjid Istiqlal dan Katedral Jakarta untuk melihat secara langsung bukti kerukunan beragama di Indonesia dan kesamaan pandangan terhadap isu Palestina.

Sejak dibentuknya Komite Palestina PBB pada 1975, Indonesia terus menjadi bagian penting dari Biro Komite Palestina PBB.