Komitmen Usung Bisnis Keberlanjutan, MedcoEnergi Raih Peningkatan Peringkat ESG



KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Perusahaan energi global menghadapi tuntutan yang semakin besar untuk memperbaiki kinerja Environmental, Social, and Governance (ESG). Meskipun istilah ESG sering disamakan dengan Sustainability atau Keberlanjutan, keduanya memiliki perbedaan signifikan.

ESG digunakan untuk mengukur kinerja dan dampak perusahaan terhadap Lingkungan, Sosial dan Tata Kelola serta menjadi acuan penting dalam sektor jasa keuangan dan lembaga pemeringkat ESG dalam menentukan peringkat perusahaan yang memandu keputusan investasi.

Sementara itu, Keberlanjutan mencakup kapasitas untuk mempertahankan keberlangsungan dalam interaksi lingkungan, sosial dan ekonomi. Dengan demikian Keberlanjutan memiliki cakupan yang lebih luas meskipun di antara keduanya beririsan.


Dalam lanskap tersebut, berbagai entitas terus berupaya untuk menyeimbangkan kebutuhan energi dengan tanggung jawab lingkungan, sosial, dan tata kelola. Peningkatan peringkat ESG menjadi salah satu tolok ukur penting bagi industri energi dalam menunjukkan komitmen mereka terhadap masa depan yang berkelanjutan.

Menghadapi tuntutan tersebut, MedcoEnergi, salah satu pemain utama di industri minyak dan gas Indonesia, telah menunjukkan langkah signifikan dalam meningkatkan peringkat ESG-nya.

Berdasarkan data yang dipublikasikan oleh Sustainalytics, lembaga riset global dan pemeringkat ESG independen terkemuka, pada November 2023, perusahaan berhasil menurunkan skor risiko ESG dari 36,7 (kategori risiko tinggi) di 2022 menjadi 29,6 (risiko menengah). Penurunan risiko ini mencerminkan perbaikan dalam pengelolaan risiko yang terkait ESG.

Sustainalytics juga menempatkan MedcoEnergi di peringkat ke-23 dari 307 perusahaan dalam kategori Oil & Gas Producers. Hal ini menempatkan MedcoEnergi dalam kelompok risiko yang sama dengan perusahaan migas global lainnya seperti Total Energies, Eni, Repsol dan Pertamina.

Selain itu, MedcoEnergi juga mempertahankan skor MSCI di A dan skor perubahan iklim CDP di B untuk 2023, menunjukkan manajemen yang baik atas pengelolaan risiko dan peluang ESG yang relevan secara finansial serta pengungkapan terhadap kinerja lingkungan terkait perubahan iklim.

Direktur Utama MedcoEnergi Hilmi Panigoro menyatakan bahwa peningkatan peringkat ESG mencerminkan dedikasi perusahaan terhadap keberlanjutan dan komitmen untuk menjalankan praktik bisnis yang etis, mengelola dampak lingkungan dan sosial, serta memberdayakan masyarakat di sekitar wilayah operasi.

”Kami akan terus mengintegrasikan aspek ESG ke dalam strategi bisnis untuk mendorong transformasi berkelanjutan,” ujarnya, dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (12/10).

Sebagai bagian dari upaya tersebut, MedcoEnergi telah menetapkan Kebijakan Keberlanjutan yang terdiri dari tiga pilar utama: Kepemimpinan Dari dan Oleh Pekerja, Pengembangan Lingkungan dan Sosial, serta Pemberdayaan Masyarakat Lokal.

Upaya konkret dalam menghadapi perubahan iklim termasuk pembentukan Kelompok Kerja Perubahan Iklim dan Transisi Energi, yang bertanggung jawab mengelola inisiatif pengurangan emisi Gas Rumah Kaca (GRK) dan transisi menuju energi rendah karbon.

Pada 2023, MedcoEnergi berhasil menurunkan emisi GRK Cakupan 1 dan 2 sebesar 22% dari tahun dasar 2019, melebihi target awal pengurangan sebesar 20% pada 2025. Emisi metana juga dikurangi sebesar 40%, jauh melampaui target 25% untuk 2025.

Pencapaian ini didorong oleh elektrifikasi rendah karbon dan peningkatan operasional, termasuk efisiensi energi serta pemasangan panel surya di area operasi.

Selain itu, perusahaan terus memperkuat komitmennya di bidang sosial dan tata kelola, termasuk menerapkan Social Management System untuk memitigasi risiko sosial dan mempertahankan izin sosial untuk beroperasi. Pada 2023, MedcoEnergi memperluas cakupan akreditasi Sistem Manajemen Anti Penyuapan ISO 37001:2016 ke Aset Corridor, sedangkan pada awal 2024, MedcoEnergi menetapkan kebijakan Hak Asasi Manusia yang berdiri sendiri.

Langkah-langkah ini menunjukkan bahwa MedcoEnergi berkomitmen pada transformasi bisnis yang berkelanjutan dan bertanggung jawab. Dengan keterbukaan informasi, terutama terkait ESG, perusahaan terus memperkuat strategi keberlanjutannya.

"Keterbukaan informasi perusahaan, terutama terkait ESG, sangat penting. Dengan ini, kita bisa terus memperkuat strategi keberlanjutan di mata global," tegas Hilmi.

Selanjutnya: Dorna Sports: Kalender MotoGP dan F1 Masih akan Bentrok

Menarik Dibaca: Ledakan Matahari Picu Badai Magnet Besar di Bumi, Ini Dampak ke Indonesia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Azis Husaini
TAG: