Kompetisi Beauty Startup Pertama Social Bella Dibuka, Cari Beauty Innovator Terbaik



KONTAN.CO.ID - Social Bella, beauty-tech terdepan di Indonesia, dengan bangga menghadirkan Beauty Idea Lab, sebuah kompetisi yang bertujuan untuk menemukan dan mendukung brand kecantikan tahap awal untuk mewujudkan ide bisnis inovatifnya. Program ini diselenggarakan oleh Beauty Journal, pilar bisnis media Social Bella yang berfokus pada edukasi dan literasi untuk komunitas kecantikan Indonesia. Melalui Beauty Journal, program ini diharapkan dapat menjadi wadah bagi para brand founder untuk mendapatkan dukungan yang dibutuhkan agar dapat berkembang di industri kecantikan.

Dalam menyelenggarakan Beauty Idea Lab, Social Bella turut berkolaborasi dengan PT. Meiyume Manufacturing Indonesia (Meiyume), perusahaan manufaktur terkemuka yang fokus pada solusi produk kecantikan end-to-end, mulai dari desain produk, pengembangan, hingga produksi dan distribusi.

Menggabungkan keahlian dan ekosistem bisnis yang kuat dari kedua entitas, Beauty Idea Lab memberikan kesempatan langka bagi pemain baru di industri kecantikan. Para partisipan terpilih akan mengikuti perjalanan transformasional yang dirancang khusus untuk membantu mereka meningkatkan skala bisnisnya.


CEO & Co-founder Social Bella Christopher Madiam menjelaskan bahwa Beauty Idea Lab merupakan bagian dari komitmen perusahaan untuk terus mendorong kemajuan industri. “Selama lebih dari 9 tahun membangun Social Bella, kami telah membantu banyak brand di tahap awal yang kini telah menjadi brand berskala nasional dan pemimpin pasar. Inovasi dari brand-brand tersebut bahkan membawa standar baru di industri saat ini.

Dari pengalaman tersebut, kami percaya pada potensi besar dari emerging brand yang makin banyak berkembang saat ini. Dengan adanya platform yang tepat seperti Beauty Idea Lab, kami yakin brand-brand ini dapat memperluas skala bisnisnya, meningkatkan kualitas produk, serta meningkatkan daya saing mereka di pasar.”

Senior Vice President APAC PT. Meiyume Manufacturing Indonesia (Meiyume) Christopher Chia menjelaskan, “Bekerja sama dengan Sociolla, kami senang sekali meluncurkan Beauty Idea Lab, sebuah platform unik yang didedikasikan untuk memberdayakan beauty brand creator berpotensi. Kami ingin mendukung brand yang berkomitmen pada inovasi yang smart, indah, dan berkelanjutan. Kompetisi ini menjadi kesempatan transformatif bagi seluruh partisipan baik individu maupun pemilik bisnis, untuk merealisasikan visinya.

Produk dari tiga pemenang utama akan diproduksi oleh Meiyume dan didistribusikan oleh Sociolla, membantu mereka merealisasikan mimpinya sekaligus menciptakan standar baru di industri kecantikan. Kami tidak sabar melihat kreativitas dan passion dari para calon pemimpin industri kecantikan masa depan dalam menciptakan masa depan industri yang lebih smart dan berkelanjutan.”

Tiga pemenang utama dari Beauty Idea Lab akan mendapatkan total hadiah sebesar Rp1,32 Miliar, terdiri dari uang tunai sebesar Rp120 juta  dan bantuan pengembangan bisnis senilai Rp1,2 Miliar, dalam bentuk dukungan marketing oleh Sociolla dan dukungan produksi oleh Meiyume.

“Beauty Idea Lab merupakan langkah konkret untuk mendorong pertumbuhan brand baru sekaligus memperluas dampak edukasi yang telah lama menjadi fokus kami di komunitas kecantikan. Kami berharap program ini menjadi katalisator yang membantu para founder brand untuk mencapai potensi maksimal mereka dan sukses di dunia kecantikan yang terus berkembang,” tutup Christopher Madiam.

Pendaftaran dibuka mulai dari 28 Agustus 2024 hingga 11 September 2024. Seluruh emerging brand kecantikan yang berasal dari Indonesia dapat mendaftarkan diri. Untuk informasi lebih lanjut tentang Beauty Idea Lab, kunjungi situs ini.

Tentang Social Bella Indonesia:

Social Bella adalah perusahaan terdepan dalam lanskap teknologi kecantikan terintegrasi. Didirikan pada tahun 2015, bisnis Social Bella berkembang dari e-commerce kecantikan dan perawatan diri terkemuka di Indonesia menjadi ekosistem kecantikan dan perawatan diri online dan offline berskala besar dan berkelanjutan dengan jutaan pengguna.

Di Indonesia, Social Bella memiliki beberapa pilar bisnis yang terus berkembang (1) SOCO, superapp kecantikan yang dapat membantu pengguna menikmati pengalaman kecantikan secara holistik, (2) Beauty Journal, media online terkemuka untuk kecantikan dan gaya hidup dengan layanan pemasaran O2O dari hulu ke hilir. (3) Sociolla, retailer omnichannel terkemuka di Indonesia untuk kecantikan dan perawatan diri, dengan lebih dari 70 toko omnichannel di lebih dari 41 kota, melayani jutaan beauty enthusiast di Indonesia

Sociolla berekspansi ke Vietnam pada Oktober 2020 dan dengan cepat hadir di industri kecantikan Vietnam dengan komitmen 100% produk terdaftar di Kementerian Kesehatan. Selain SOCO App yang membantu pecinta kecantikan Vietnam membaca ulasan produk jujur dari jutaan real user, Sociolla Vietnam juga memperluas kehadiran offline, dengan omnichannel store nya di Vietnam, dan (4) Lilla, ekosistem yang dibangun oleh ibu untuk ibu dengan toko omnichannel pertama dibuka pada tahun 2022.

Social Bella juga dianugerahi Most Responsible Brand 2022 (Kategori E-Commerce) oleh Award4Change atas inisiatif dan komitmennya yang besar dalam menerapkan prinsip ekonomi sirkular dan pengelolaan sampah yang bertanggung jawab di Indonesia. Social Bella menempati posisi pertama dalam Daftar Startup Teratas LinkedIn di Indonesia pada tahun 2021 dan menempati posisi keenam pada tahun 2022.

Perusahaan ini juga dianugerahi Penghargaan Disruptor untuk A-List: Startup Tahap Pertumbuhan Paling Menjanjikan Forbes Indonesia 2019 bersama dengan perusahaan baru terkemuka lainnya startup. Penghargaan ini diumumkan dalam Forbes Indonesia Digital Awards, yang diselenggarakan oleh Forbes Indonesia, yang mengumpulkan para wirausahawan baru dan perusahaan rintisan teknologi.

Tentang Meiyume:

Mengusung tagline utama Sustainably Beautiful, Smartly Yours, Meiyume merupakan mitra global dalam solusi kecantikan terdepan. Kami memahami bahwa ide dan inovasi adalah kunci sukses bagi brand kecantikan.

Dengan keahlian internal, 3 fasilitas manufaktur (berada di Indonesia, Inggris, dan Thailand), serta jaringan global pemasok dan mitra di 3 benua, kami menghadirkan solusi transformasional dan inspiratif untuk brand besar maupun brand baru, memberdayakan mereka untuk mendisrupsi industri kecantikan.

Meiyume berkomitmen untuk memberdayakan industri kecantikan menuju masa depan yang berkelanjutan. Kami bekerja sama dengan brand, dari konsep hingga produk jadi, untuk menciptakan produk bernilai yang lahir dari insight, divalidasi secara komersial, dan dirancang dengan tujuan serta personal.

Kami menyediakan solusi menyeluruh yang mencakup desain kemasan, rekayasa, manufaktur, formulasi, pengisian, dan insight kecantikan pintar di semua kategori kecantikan, seperti perawatan kulit, wewangian, kosmetik warna, untuk ibu dan bayi, perawatan pribadi, rambut, pelumas, perawatan mulut, dan produk hadiah dengan pembelian.

Bagi kami, kecantikan tidak memiliki batasan

Baca Juga: Rayakan HUT ke-9 Sociolla Perkuat Posisi Sebagai Bestie-nya Para Beauty Enthusiasts

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti
TAG: