JAKARTA. Direktur Utama PT Mayasari Bakti Arifin Azhari menjelaskan awal mula berdirinya layanan bus angkutan perbatasan terintegrasi bus transjakarta (APTB). Menurut dia, APTB dibentuk pada awal 2012 yang bertujuan memperkuat layanan bus transjakarta, terutama demi mengakomodir penumpang dari kawasan penyangga. Arifin memaparkan, rute-rute yang dipilih sebagai rute APTB sebenarnya bukan merupakan rute baru. Sebab, merupakan rute bus kota reguler. Jadi, kata dia, layanan APTB merupakan layanan bus kota reguler yang dipindah ke jalur 'busway'. "Semua rute-rute APTB yang dilayani Mayasari adalah rute bus kota. Jadi, begitu kami ikut terlibat dalam layanan APTB, bus-bus kota kami di jalur itu langsung kami pindahkan," kata Arifin, di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (9/1). Sebagai informasi, Mayasari Bakti merupakan salah satu perusahaan bus yang menjadi operator APTB. Rute yang dilayani adalah Tanah Abang-Bekasi, Grogol-Cibinong, Blok M-Cileungsi, Pulogadung-Tangerang, dan Kalideres-Cikarang. Khusus untuk rute Tanah Abang-Bekasi dan Grogol-Cibinong, kata Arifin, adalah rute yang telah beroperasi puluhan tahun, jauh sebelum adanya layanan bus transjakarta. "Rute Grogol-Cibinong sudah beroperasi selama 30 tahun. Kalau rute Tanah Abang-Bekasi adalah rute pertama yang dilayani Mayasari waktu berdiri 50 tahun yang lalu. Jadi itu rute lama. Kalau dulu bus kota biasa, sekarang APTB yang lewat transjakarta," ujarnya. Arifin mengklaim, selama hampir sekitar tiga tahun beroperasinya APTB, layanan tersebut telah banyak membantu masyarakat kawasan penyangga yang sebelumnya naik kendaraan pribadi pindah ke angkutan umum. Atas dasar itulah, ia berharap layanan tersebut tidak serta merta diberhentikan. Ia ingin agar Pemprov DKI bisa memberikan solusi terbaik untuk semua, tidak hanya bagi pemerintah, tetapi juga warga dan operator bus. "Saya percaya Pemprov DKI bisa memberikan solusi terbaik untuk semua, bagi warga, operator juga. Apalagi kan Mayasari sudah berdiri selama 50 tahun," ujar dia. Seperti diberitakan, Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok menginstruksikan Dinas Perhubungan DKI untuk tegas memberhentikan operasional APTB. Hal itu dilatarbelakangi perilaku bus APTB yang sering mengetem sembarangan serta menaik dan turunkan penumpang di sembarang tempat, sehingga mengganggu layanan bus transjakarta. Ahok pun menginginkan operasional APTB digabung dengan pengelolaan transjakarta. Karena, apabila layanan APTB sudah berada di bawah pengelolaan PT Transjakarta, bus-bus akan terintegrasi dengan sistem pembayaran per kilometer. PT Transjakarta menawarkan solusi kepada operator APTB agar layanan bus tersebut tidak dihapuskan. Ada dua pilihan metode pengelolaan yang disodorkan kepada operator APTB, yakni menjadikan APTB sebagai bus pengumpan (feeder) transjakarta tanpa harus mengikuti pola pengelolaan transjakarta, atau tetap membebaskan bus APTB masuk jalur transjakarta, namun dengan syarat, sistem pengelolaannya mengikuti aturan yang diterapkan dalam pengelolaan layanan bus transjakarta, yakni pembayaran per kilometer. (Alsadad Rudi) Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Konsep awal APTB dan ancaman penghentian
JAKARTA. Direktur Utama PT Mayasari Bakti Arifin Azhari menjelaskan awal mula berdirinya layanan bus angkutan perbatasan terintegrasi bus transjakarta (APTB). Menurut dia, APTB dibentuk pada awal 2012 yang bertujuan memperkuat layanan bus transjakarta, terutama demi mengakomodir penumpang dari kawasan penyangga. Arifin memaparkan, rute-rute yang dipilih sebagai rute APTB sebenarnya bukan merupakan rute baru. Sebab, merupakan rute bus kota reguler. Jadi, kata dia, layanan APTB merupakan layanan bus kota reguler yang dipindah ke jalur 'busway'. "Semua rute-rute APTB yang dilayani Mayasari adalah rute bus kota. Jadi, begitu kami ikut terlibat dalam layanan APTB, bus-bus kota kami di jalur itu langsung kami pindahkan," kata Arifin, di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (9/1). Sebagai informasi, Mayasari Bakti merupakan salah satu perusahaan bus yang menjadi operator APTB. Rute yang dilayani adalah Tanah Abang-Bekasi, Grogol-Cibinong, Blok M-Cileungsi, Pulogadung-Tangerang, dan Kalideres-Cikarang. Khusus untuk rute Tanah Abang-Bekasi dan Grogol-Cibinong, kata Arifin, adalah rute yang telah beroperasi puluhan tahun, jauh sebelum adanya layanan bus transjakarta. "Rute Grogol-Cibinong sudah beroperasi selama 30 tahun. Kalau rute Tanah Abang-Bekasi adalah rute pertama yang dilayani Mayasari waktu berdiri 50 tahun yang lalu. Jadi itu rute lama. Kalau dulu bus kota biasa, sekarang APTB yang lewat transjakarta," ujarnya. Arifin mengklaim, selama hampir sekitar tiga tahun beroperasinya APTB, layanan tersebut telah banyak membantu masyarakat kawasan penyangga yang sebelumnya naik kendaraan pribadi pindah ke angkutan umum. Atas dasar itulah, ia berharap layanan tersebut tidak serta merta diberhentikan. Ia ingin agar Pemprov DKI bisa memberikan solusi terbaik untuk semua, tidak hanya bagi pemerintah, tetapi juga warga dan operator bus. "Saya percaya Pemprov DKI bisa memberikan solusi terbaik untuk semua, bagi warga, operator juga. Apalagi kan Mayasari sudah berdiri selama 50 tahun," ujar dia. Seperti diberitakan, Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok menginstruksikan Dinas Perhubungan DKI untuk tegas memberhentikan operasional APTB. Hal itu dilatarbelakangi perilaku bus APTB yang sering mengetem sembarangan serta menaik dan turunkan penumpang di sembarang tempat, sehingga mengganggu layanan bus transjakarta. Ahok pun menginginkan operasional APTB digabung dengan pengelolaan transjakarta. Karena, apabila layanan APTB sudah berada di bawah pengelolaan PT Transjakarta, bus-bus akan terintegrasi dengan sistem pembayaran per kilometer. PT Transjakarta menawarkan solusi kepada operator APTB agar layanan bus tersebut tidak dihapuskan. Ada dua pilihan metode pengelolaan yang disodorkan kepada operator APTB, yakni menjadikan APTB sebagai bus pengumpan (feeder) transjakarta tanpa harus mengikuti pola pengelolaan transjakarta, atau tetap membebaskan bus APTB masuk jalur transjakarta, namun dengan syarat, sistem pengelolaannya mengikuti aturan yang diterapkan dalam pengelolaan layanan bus transjakarta, yakni pembayaran per kilometer. (Alsadad Rudi) Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News