KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Sari Kreasi Boga Tbk (
RAFI), dikenal sebagai SKB Food, terus menunjukkan performa bisnis yang impresif sejak melantai di bursa pada Agustus 2022. Keberhasilan perusahaan ini mendapatkan penghargaan "The Fastest Growing New Public Company 2024 in Tourism & Recreation Industry for Formidable Listing Performance" dari Warta Ekonomi.
Baca Juga: Sari Kreasi Boga (RAFI) Sebar Dividen Perdana Rp 1 Miliar Direktur Utama SKB Food Eko Pujianto mengungkapkan bahwa keputusan untuk melakukan IPO bukan hanya bertujuan untuk mengakses permodalan, tetapi juga meningkatkan tata kelola perusahaan. "Kami berasal dari UMKM dengan motivasi untuk naik kelas. Dari lantai trotoar ke lantai bursa," ujar Eko dalam keterangan resminya, Selasa (3/12). Pada triwulan ketiga 2024, pendapatan SKB Food mencapai Rp356,002 miliar, naik 21,7% dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp292,380 miliar. Laba bersih juga meningkat 29% menjadi Rp22,102 miliar dari Rp17,128 miliar pada triwulan ketiga 2023. Perusahaan menargetkan pertumbuhan konservatif antara 5% hingga 10% pada 2025, dengan fokus pada perluasan distribusi dan peningkatan kapasitas penyimpanan rantai dingin (
cold storage).
Baca Juga: Sari Kreasi Boga (RAFI) Telah Serap Capex Sebesar Rp 28 Miliar Untuk memperkuat rantai pasok dan distribusi, SKB Food berencana: pertama, menambah titik distribusidi Jawa dan Sumatera. Kedua, membangun
cold storage untuk meningkatkan penyimpanan bahan baku makanan. Ketiga, mengoptimalkan kemitraan dengan brand eksisting dan memperkenalkan beberapa brand baru. Bisnis food supply menyumbang 99% pendapatan SKB Food pada triwulan ketiga 2024, dengan fokus pada produk olahan laut (seafood) beku seperti yang dipasarkan melalui brand Eskabeh. Ekonom Roy Sembel dari IPMI International Business School menyoroti pentingnya pasar modal dalam mendukung pertumbuhan perusahaan seperti SKB Food. Ia menegaskan bahwa kinerja emiten yang positif memberikan dampak langsung terhadap pasar modal dan perekonomian nasional.
Baca Juga: Sari Kreasi Boga (RAFI) Targetkan Pendapatan pada Tahun 2023 Capai Rp 500 Miliar Eko berharap keberhasilan SKB Food bisa menjadi inspirasi bagi pelaku UMKM untuk memanfaatkan pasar modal sebagai peluang pertumbuhan dan transformasi bisnis.
"Dengan strategi yang terencana dan dukungan pasar modal, kami optimistis mampu memberikan manfaat yang berkelanjutan bagi pemegang saham, mitra, dan perekonomian Indonesia," pungkas Eko.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News Editor: Yudho Winarto