Konstruksi landasan pacu 3 Bandara Soetta dimulai akhir April 2018



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Angkasa Pura (AP) II terus melakukan pengembangan di Bandara International Soekarno Hatta untuk meningkatkan kapasitas pergerakan pesawat. Salah satunya melakukan pengembangan landasan pacu (runway) ketiga.

Pembangunan runway ketiga ini akan menelan investasi sebesar Rp 1,6 triliun. Proyek ini membutuhkan lahan seluas 216 hektare (ha) dan hingga saat ini AP II telah berhasil membebaskan sekitar 115 ha.

Dengan pembebasan lahan yang sudah signifikan, pembangunan proyek landasan pacu ini akan segera dilakukan.

Direktur Utama AP II, Muhammad Awaluddin mengatakan, pengerjaannya kontruksinya ditargetkan akan dimulai akhir April 2018 ini yang akan digarap PT PP Tbk

"Konstruksi akan dilakukan paralel dengan pembebasan lahan. Lahan yang bebas akan dikerjakan dan konstruksi akan dimulai akhir bulan ini. Sekarang lagi dilakukan land clearing," kata Awaluddin di Jakarta, Minggu (15/4).

Menurut Awaluddin, pembebasan lahan untuk kebutuhan pembangunan landasan pacu tersesbut berjalan dengan lancar. Sisanya lahan 101 ha yang belum dibebaskan ditargetkan akan rampung pada September 2018.

Pembangunan proyek tersebut akan memakan waktu 16 bulan sehingga ditargetkan akan rampung pada Juli atau Agustus tahun 2019. Landasan pacu ini diharapkan akan semakin meningkatkan pergerakan pesawat di Bandara Soekarno Hatta.

Tahun 2025, AP II menargetkan pergerakan 114 pergerakan pesawat per jam di Bandara Soekarno Hatta dari posisi 81 pergerakan pada saat ini. Dengan adanya runway 3 maka take up landing pesawat akan lebih cepat.

Selain membangun landasan pacu ketiga, AP II juga sedang membangun jalur penghubung landasan pacu utara dan selatan di sisi timur atau yang dinamakan east cross taxiway. Proyek yang menelan investasi Rp 1,5 triliun ini juga ditujukan untuk meningkatkan pergerakan pesawat di Bandara Soekarno-Hatta.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Sanny Cicilia