JAKARTA. Resesi ekonomi memangkas kepercayaan konsumen di hampir seluruh negara di dunia, tidak terkecuali Indonesia. Global Consumer Confidence Index dari Nielsen Indonesia melaporkan kepercayaan konsumen Indonesia di kuartal tiga tahun ini menurun satu poin dari kuartal sebelumnya, menjadi 199. Kendati demikian, konsumen Indonesia tetap menjadi yang paling optimistis dengan keuangan pribadi mereka di antara 58 negara di kawasan Asia Pasifik yang disurvei Nielsen. Di peringkat yang sama dengan Indonesia, ada India yang kepercayaan konsumennya tetap di angka 119. Sejumlah indikator mencerminkan kepercayaan diri konsumen Indonesia, di antaranya 80% konsumen percaya keadaan keuangan mereka akan baik, bahkan sangat baik selama 12 bulan ke depan. Selain itu, 65% responden menyatakan bahwa prospek lapangan kerja akan membaik atau sangat membaik.
Konsumen di Indonesia paling optimistis lo!
JAKARTA. Resesi ekonomi memangkas kepercayaan konsumen di hampir seluruh negara di dunia, tidak terkecuali Indonesia. Global Consumer Confidence Index dari Nielsen Indonesia melaporkan kepercayaan konsumen Indonesia di kuartal tiga tahun ini menurun satu poin dari kuartal sebelumnya, menjadi 199. Kendati demikian, konsumen Indonesia tetap menjadi yang paling optimistis dengan keuangan pribadi mereka di antara 58 negara di kawasan Asia Pasifik yang disurvei Nielsen. Di peringkat yang sama dengan Indonesia, ada India yang kepercayaan konsumennya tetap di angka 119. Sejumlah indikator mencerminkan kepercayaan diri konsumen Indonesia, di antaranya 80% konsumen percaya keadaan keuangan mereka akan baik, bahkan sangat baik selama 12 bulan ke depan. Selain itu, 65% responden menyatakan bahwa prospek lapangan kerja akan membaik atau sangat membaik.