KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Riset dari Boston Consulting Group (BCG) bekerja sama dengan Startup Sampingan, menyatakan bahwa sektor bisnis harus menerapkan konsep bisnis berkelanjutan demi menekan laju perubahan iklim. Riset Accelerating a Low Carbon Future: Bridging Intention and Action menunjukkan kesadaran konsumen Indonesia terhadap tanggung jawab lingkungan sudah cukup tinggi. Sebanyak 77% konsumen Indonesia mengaku telah menyadari isu perubahan iklim, meskipun belum secara aktif mendalami isu tersebut dan melakukan perubahan gaya hidup. Sekitar 50% konsumen sudah melakukan perubahan gaya hidup seperti mengurangi penggunaan plastik atau memiliah sampah meskipun belum dilakukan secara konsisten. Berdasarkan riset, sebanyak 30% konsumen bersedia membayar hingga 10% lebih mahal dari harga asli untuk produk dan layanan yang rendah emisi karbon, bahkan seperlima dari responden bersedia membayar hingga 50% lebih mahal dari harga asli.
Konsumen Indonesia Makin Sadar Isu Perubahan Iklim
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Riset dari Boston Consulting Group (BCG) bekerja sama dengan Startup Sampingan, menyatakan bahwa sektor bisnis harus menerapkan konsep bisnis berkelanjutan demi menekan laju perubahan iklim. Riset Accelerating a Low Carbon Future: Bridging Intention and Action menunjukkan kesadaran konsumen Indonesia terhadap tanggung jawab lingkungan sudah cukup tinggi. Sebanyak 77% konsumen Indonesia mengaku telah menyadari isu perubahan iklim, meskipun belum secara aktif mendalami isu tersebut dan melakukan perubahan gaya hidup. Sekitar 50% konsumen sudah melakukan perubahan gaya hidup seperti mengurangi penggunaan plastik atau memiliah sampah meskipun belum dilakukan secara konsisten. Berdasarkan riset, sebanyak 30% konsumen bersedia membayar hingga 10% lebih mahal dari harga asli untuk produk dan layanan yang rendah emisi karbon, bahkan seperlima dari responden bersedia membayar hingga 50% lebih mahal dari harga asli.