Konsumsi 7 Jenis Buah yang Bagus untuk Asam Urat Berikut Ini, yuk!



MOMSMONEY.ID - Yuk, intip rekomendasi buah yang bagus untuk asam urat di sini! Ada apa saja, ya?

Asam urat adalah kondisi yang terjadi ketika kadar asam urat dalam tubuh terlalu tinggi, menyebabkan nyeri pada sendi, terutama di bagian kaki, pergelangan, dan lutut.

Mengatur pola makan yang sehat adalah salah satu cara penting dalam mengendalikan kadar asam urat. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengonsumsi buah-buahan tertentu yang bermanfaat untuk menurunkan kadar asam urat.


Baca Juga: 12 Cara Sederhana Menurunkan Gula Darah secara Alami, yuk Terapkan

Lantas, apa saja jenis buah yang bagus untuk asam urat? Menyadur dari laman Alodokter, inilah rekomendasinya:

1. Ceri

Ceri memiliki warna merah tua karena mengandung antosianin, senyawa antioksidan yang dapat mengurangi peradangan dan menurunkan kadar asam urat. Buah ini bisa dikonsumsi langsung atau dibuat jus.

2. Alpukat

Alpukat mengandung antioksidan dan vitamin E yang memiliki sifat antiradang, sehingga dapat membantu meredakan gejala asam urat.

Baca Juga: 9 Manfaat Sayur Genjer untuk Kesehatan Tubuh Anda yang Luar Biasa

3. Pisang

Pisang adalah buah dengan kadar purin rendah dan tinggi vitamin C. Ini menjadikannya pilihan baik untuk penderita asam urat karena membantu mengurangi risiko peradangan.

4. Stroberi

Stroberi mengandung vitamin C, mineral, serat, dan antioksidan, yang menjadikannya buah yang baik untuk menurunkan kadar asam urat.

Stroberi memiliki efek serupa dengan ceri karena mengandung antosianin yang membantu meredakan peradangan.

Baca Juga: 15 Kebiasaan yang Bisa Merusak Ginjal Anda, Ketahui Ada Apa Saja

5. Nanas

Nanas kaya akan vitamin, serat, enzim bromelain, dan antioksidan. Bromelain dalam nanas dapat meredakan peradangan sendi.

Serat, folat, dan vitamin C di dalamnya membantu menurunkan kadar asam urat dalam darah dan mengurangi risiko kekambuhan gejala.

6. Lemon

Air perasan lemon kaya vitamin C yang dapat membantu menurunkan kadar asam urat. Vitamin C dalam lemon juga memiliki sifat antiradang yang mengurangi peradangan sendi.

Baca Juga: 6 Makanan yang Meningkatkan Risiko Kanker, Sebaiknya Batasi Konsumsinya

7. Jeruk

Mirip dengan lemon, jeruk mengandung vitamin C yang tinggi, yang membantu menurunkan nyeri akibat asam urat.

Meskipun efek jeruk untuk asam urat masih perlu penelitian lebih lanjut, asupan vitamin C sebesar 500 mg per hari telah terbukti mengurangi nyeri sendi.

Itulah rekomendasi buah yang bagus untuk asam urat yang dapat Anda coba konsumsi. Buah-buahan di atas bisa dinikmati langsung atau diolah menjadi jus, smoothies, atau rujak tanpa tambahan pemanis seperti gula atau sirup.

Walaupun buah-buahan ini bermanfaat bagi penderita asam urat, mengonsumsinya saja tidak cukup untuk menyembuhkan kondisi ini. Mengubah pola hidup dan mengikuti saran medis dari dokter juga sangat penting dalam mengatasi asam urat. Semoga bermanfaat!

Tonton: Tinggalkan 5 Kebiasaan Sehari hari Ini Jika Tak Ingin Asam Lambung Kambuh

Selanjutnya: Berkat Makmur Textile Ikut Serta dalam Jakarta Fashion Week Tahun Depan 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rezki Wening Hayuningtyas