KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Tim Ekonom Bank Mandiri mencatat adanya perubahan pola konsumsi masyarakat sepanjang 2025. Belanja masyarakat masih tumbuh, namun mulai melambat dibanding tahun lalu. Head of Mandiri Institute, Andre Simangunsong, menjelaskan perlambatan terutama terjadi pada belanja produk seperti fashion, elektronik, dan kebutuhan rumah tangga. Sebaliknya, pengeluaran untuk transportasi, bahan bakar, olahraga, hobi, hiburan, hingga wisata dan kuliner justru lebih tangguh. “Terjadi shifting preferensi konsumen yang kini lebih memprioritaskan experience goods, seperti makan di restoran, travelling, hingga menginap di hotel,” kata Andre dalam paparannya pada Agenda Mandiri Eonomic Outlook Q3, Kamis (28/8).
Konsumsi Bergeser, Milenial dan Gen Z Lebih Pilih Hiburan, Kuliner, serta Gaya Hidup
KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Tim Ekonom Bank Mandiri mencatat adanya perubahan pola konsumsi masyarakat sepanjang 2025. Belanja masyarakat masih tumbuh, namun mulai melambat dibanding tahun lalu. Head of Mandiri Institute, Andre Simangunsong, menjelaskan perlambatan terutama terjadi pada belanja produk seperti fashion, elektronik, dan kebutuhan rumah tangga. Sebaliknya, pengeluaran untuk transportasi, bahan bakar, olahraga, hobi, hiburan, hingga wisata dan kuliner justru lebih tangguh. “Terjadi shifting preferensi konsumen yang kini lebih memprioritaskan experience goods, seperti makan di restoran, travelling, hingga menginap di hotel,” kata Andre dalam paparannya pada Agenda Mandiri Eonomic Outlook Q3, Kamis (28/8).