KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Konsumsi produk perikanan dunia diprediksi terus meningkat. Tahun lalu, konsumsi ikan dunia per kapita sebesar 20 kilogram per tahun. Tak mau menyia-nyiakan potensi tersebut, emiten perikanan PT Dua Putra Utama Makmur Tbk (DPUM) menargetkan pendapatan sebesar Rp 1,3 triliun tahun ini. Untuk itu, DPUM ingin memperlebar pasar ekspor. Sebelumnya, komposisi penjualan ekspor sebesar 25% dari total penjualan. "Tahun ini, porsi penjualan ekspor ditargetkan sekitar 40%," kata Denny Yuniarto, Sekretaris Perusahaan DPUM.
Demi mengincar potensi pasar global, DPUM mengubah strategi produksinya. Sebelumnya DPUM fokus menjual produk-produk ikan segar untuk pasar domestik maupun global. Saat ini, DPUM fokus mengembangkan produk bernilai tambah (value added) dan premium.