JAKARTA. Manisnya pangsa pasar ekspor tampaknya makin menggiurkan bagi PT Mayora Indah Tbk. Kinerja perusahaan produsen makanan dan minuman ini sepanjang Januari–September 2015 terselamatkan oleh lonjakan penjualan di pasar ekspor. Pada sembilan bulan tahun ini penjualan di pasar ekspor pada periode ini mengalami pertumbuhan hingga 27%. Nilainya dari Rp 4,08 triliun menjadi Rp 5,2 triliun. Sementara pasar lokal justru turun 15%, dengan nilai dari Rp 6,5 triliun pada kuartal III-2014 menjadi Rp 5,5 triliun pada periode sama tahun ini. Adapun porsi ekspor terhadap total penjualan juga meningkat. Jika tahun lalu masih 39% dari total penjualan, tahun ini menanjak menjadi 48% dari total penjualan Mayora. Sebagai gambaran, total penjualan Mayora pada kuartal III-2015 setelah dikurangi retur mencapai Rp 10, 69 triliun.
Kontribusi pasar ekspor Mayora semakin renyah
JAKARTA. Manisnya pangsa pasar ekspor tampaknya makin menggiurkan bagi PT Mayora Indah Tbk. Kinerja perusahaan produsen makanan dan minuman ini sepanjang Januari–September 2015 terselamatkan oleh lonjakan penjualan di pasar ekspor. Pada sembilan bulan tahun ini penjualan di pasar ekspor pada periode ini mengalami pertumbuhan hingga 27%. Nilainya dari Rp 4,08 triliun menjadi Rp 5,2 triliun. Sementara pasar lokal justru turun 15%, dengan nilai dari Rp 6,5 triliun pada kuartal III-2014 menjadi Rp 5,5 triliun pada periode sama tahun ini. Adapun porsi ekspor terhadap total penjualan juga meningkat. Jika tahun lalu masih 39% dari total penjualan, tahun ini menanjak menjadi 48% dari total penjualan Mayora. Sebagai gambaran, total penjualan Mayora pada kuartal III-2015 setelah dikurangi retur mencapai Rp 10, 69 triliun.