KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Meningkatnya popularitas dan konsumsi kopi di Indonesia juga tercermin di kanal jual beli online. Berdasarkan data Tokopedia, penjualan kopi di platform marketplace-nya meningkat hampir tiga kali lipat dari sebelumnya 40.000 produk pada 2016 menjadi hampir 120.000 poduk selama 2017. Karenanya, ke depan Tokopedia berkomitmen untuk mendukung produsen dan pengusaha kopi lokal dalam mengembangkan skala bisnisnya. Garri Juanda, Co-head Marketplace Tokopedia mengatakan, Tokopedia serius dalam memberikan pendampingan, akses dan edukasi yang dibutuhkan, termasuk peningkatan kualitas produksi, pemasaran, branding serta penyediaan fitur-fitur yang memudahkan merchant dalam menjalankan bisnisnya sehari-hari. "Dengan dukungan dari hulu ke hilir, kami berharap produsen dan pengusaha kopi lokal Indonesia dapat terus tumbuh, bahkan menjadi brand berskala nasional,” ujar Garri dalam keterangan resminya Rabu (21/3). Berdasarkan data penjualan Tokopedia, kopi dari jenis biji kopi Arabika dan Robusta masih menjadi varian yang paling diminati oleh masyarakat selama tahun 2017. Selain itu, mulai banyak penikmat kopi yang tertarik untuk meracik kopi sendiri ala kafe.
Kopi banyak peminat, penjualan kopi Tokopedia terus menanjak
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Meningkatnya popularitas dan konsumsi kopi di Indonesia juga tercermin di kanal jual beli online. Berdasarkan data Tokopedia, penjualan kopi di platform marketplace-nya meningkat hampir tiga kali lipat dari sebelumnya 40.000 produk pada 2016 menjadi hampir 120.000 poduk selama 2017. Karenanya, ke depan Tokopedia berkomitmen untuk mendukung produsen dan pengusaha kopi lokal dalam mengembangkan skala bisnisnya. Garri Juanda, Co-head Marketplace Tokopedia mengatakan, Tokopedia serius dalam memberikan pendampingan, akses dan edukasi yang dibutuhkan, termasuk peningkatan kualitas produksi, pemasaran, branding serta penyediaan fitur-fitur yang memudahkan merchant dalam menjalankan bisnisnya sehari-hari. "Dengan dukungan dari hulu ke hilir, kami berharap produsen dan pengusaha kopi lokal Indonesia dapat terus tumbuh, bahkan menjadi brand berskala nasional,” ujar Garri dalam keterangan resminya Rabu (21/3). Berdasarkan data penjualan Tokopedia, kopi dari jenis biji kopi Arabika dan Robusta masih menjadi varian yang paling diminati oleh masyarakat selama tahun 2017. Selain itu, mulai banyak penikmat kopi yang tertarik untuk meracik kopi sendiri ala kafe.