Korea Development Bank resmi akuisisi Tifa Finance (TIFA)



KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Korean Development Bank (KDB) mengumumkan telah mengakusisi PT Tifa Finance Tbk (TIFA) pada 8 September 2020.

Dilansir dari Business Korea, Rabu (9/9), menyebutkan bahwa akuIsisi itu sesuai kesepakatan yang ditandatangani oleh PT Dwi Satrya Utama atau DSU Group pada Desember lalu. Dari situ, perbankan asal Korea Selatan itu mengakuIsisi 80,65% saham Tifa Finance.

Kedua belah pihak berhasil menyelesaikan proses akuIsisi setelah delapan bulan berkoordinasi walaupun pandemi corona (Covid-19) sempat menunda pembahasan sekaligus tahap uji tuntas dengan regulator.

Rencananya, KDB akan menggabungkan bisnis di Indonesia dengan spesialisasi seperti korporasi, pengembangan infrastruktur, ventura dan pertumbuhan pembiayaan yang inovatif secara bertahap sehingga Tifa Finance dapat memimpin pasar global.

Baca Juga: Tiga dari delapan emiten multifinance bukukan penurunan laba pada kuartal 1-2020

Dari kesepakatan itu, Tan Chong International mengatakan telah melepas sahamnya di Tifa Finance dengan harga sekitar Rp 249,7 miliar atau setara S$ 23,2 juta sebagaimana dikutip pada Business Times, Rabu (9/9),

Tiga anak perusahaan yang  dimiliki Tan Chong yakni TCC, T8 Gallery, dan TC Auto World  telah menjual 44,5% saham mereka di Tifa ke KDB  grup itu dan mengumumkan dalam pengajuan izin ke regulator.

Ketiga anak perusahaan tersebut, bersama dengan penjual lainnya, secara kolektif menandatangani perjanjian dengan KDB untuk menjual 80,7% kepemilikan ekuitas di Tifa dengan harga Rp 452,8 miliar.

Baca Juga: Ada net buy saham Tifa Finance (TIFA), KDB merealisasikan akuisisi?

Pertimbangan agregat telah dibayarkan oleh KDB pada 8 September 2020 kepada masing-masing penjual. Akibat pelepasan tersebut, Tan Chong mencatatkan keuntungan sebesar Rp 78,2 miliar.

Editor: Noverius Laoli