KPU harap partisipasi masyarakat di Pilpres naik



JAKARTA. Husni Kamil Manik, Ketua Komisi Pemilihan Umum menyatakan puji syukur atas terselesaikannya rapat pleno terbuka hasil rekapitulasi suara Pileg 2014 Jumat (9/5) malam. Menurutnya perlu ada evaluasi di internal KPU terkait penetapan hasil Pileg dan akan menjadi patokan menyusul Pilpres 2014.

"Interupsi dalam sidang itu termasuk dinamika forum. Karena kadang interupsi hanya penyampaian perasaan saja. Jadi belum tentu akan melakukan penggugatan. Atau kalaupun apa yang disampaikan adalah bagian dari evaluasi, terhadap penyelenggara Pemilu, maka kami akan melakukan penjajakan dan koreksi internal," ujarnya Jumat (9/5) malam.

KPU berkomitmen akan mendorong agar daerah bisa menyelesaikan permasalahannya masing-masing dan tidak perlu menunggu forum di tingkat nasional. "KPU akan benahi internal dan segenap jajarannya agar efektif menjalankan tugasnya," jelasnya.


Husni menyampaikan dalam Pileg kali ini partisipasi masyarakat dibandingkan dengan total penggunaan hak suara dengan DPD maka jumlah persentasenya adalah 75,11%.

Untuk itu, anggota KPU, Sigit Pamungkas, meminta agar masyarakat lebih berpartisipasi dalam kepesertaannya dalam Pilpres 2014. "Kami mengharapkan masyarakat sipil untuk meningkatkan partisipasinya," ujar Sigit.

Menurut Sigit, Pileg kali ini partisipasinya lebih tinggi dari pemilu sebelumnya yang sebesar 70%. Jadi pemilu kali ini mengalami peningkatan 5%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Hendra Gunawan