KPU Jakarta Resmi Umumkan Tiga Paslon yang Bertarung di Pilkada 2024



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta resmi mengumumkan tiga pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jakarta di Pilkada 2024. 

Ketiga pasangan calon yang akan bersaing dalam Pilkada, yakni Pramono Anung-Rano Karno, Ridwan Kamil (RK)-Suswono, dan Dharma Pongrekun-Kun Wardana. 

“Pasangan calon peserta Pemilu DKI Jakarta, nomor satu cagub Pramono Anung, cawagub Rano Karno atau Si Doel. Nomor dua, cagub Ridwan Kamil dan cawagub Suswono. Ketiga, cagub Dharma Pngrekun dan Kun Wardana,” ucap Ketua KPU Jakarta Wahyu Dinata kepada wartawan, Minggu (22/9/2024). 


Pasangan cagub dan cawagub Pramono Anung-Rano Karno diusung oleh PDI-P dan Partai Hanura. 

Baca Juga: Debat Perdana Cagub dan Cawagub Jakarta Digelar 6 Oktober 2024

Pasangan cagub dan cawagub Ridwan Kamil dan Suswono didukung oleh Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Keadilan Sejahtera, Partai NasDem, Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Solidaritas Indonesia, Partai Demokrat, Partai Amanat Nasional, Partai Garuda, Partai Gelora, Partai Perindo, dan Partai Persatuan Pembangunan.

Sementara Dharma Pongrekun sebagai cagub dan Kun Wardana sebagai cawagub, maju melalui jalur perseorangan setelah berhasil mengumpulkan 677.065 dukungan dari warga Jakarta. 

Usai penetapan calon, KPU Jakarta akan menggelar pengundian nomor urut bagi para pasangan calon pada Senin (23/9/2024). 

Pengundian tersebut dijadwalkan akan berlangsung pukul 19.00 WIB di kantor KPU Jakarta. 

"Besok pukul 19.00 WIB, setelah pasangan calon (pasion) ditetapkan, mereka akan hadir ke kantor kami untuk mengambil nomor urut. Nomor urut ini nantinya akan menjadi nomor yang digunakan saat kampanye dan tercantum di surat suara," ucap Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan, Pemilih dan Partisipasi Masyarakat KPU Jakarta, Astri kepada wartawan, Minggu (22/9/2024).

Baca Juga: KPU Undi Nomor Urut Cagub dan Cawagub Jakarta Besok, Senin (23/9)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pramono-Rano, RK-Suswono, dan Dharma-Kun Ditetapkan Jadi Cagub-Cawagub Jakarta", Klik untuk baca: https://megapolitan.kompas.com/read/2024/09/22/13171021/pramono-rano-rk-suswono-dan-dharma-kun-ditetapkan-jadi-cagub-cawagub.

Selanjutnya: Ini 6 Cara Tepat Menghadapi Emosi Anak yang Sering Berubah

Menarik Dibaca: Promo Danamon Terbaru, Bayar PBB ada Cashback Rp 25.000 lo!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tri Sulistiowati