KPU Jakarta Siapkan Tiga Kali DebatCagub dan Cawagub



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta telah menetapkan jadwal dan persiapan untuk debat publik calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta dalam rangka Pilkada 2024. 

Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Partisipasi Masyarakat, Astri Megatari, menyampaikan ada tiga kali debat yang akan digelar, dengan masing-masing debat disiarkan oleh stasiun televisi yang sudah ditunjuk. 

“Untuk debat publik, kami sudah menyelenggarakan rapat bersama dengan para TV penyelenggara dan sudah ada masing-masing debat, ada tiga kali debat. Masing-masing debat sudah ada TV penyelenggara yang akan melaksanakan,” ujar Astri kepada wartawan, Minggu (22/9/2024). 


Debat pertama dijadwalkan pada 6 Oktober 2024, dengan dua debat selanjutnya akan diumumkan lebih lanjut. 

Baca Juga: KPU Jakarta Tetapkan Pasangan Cagub dan Cawagub Hari Ini

“Terkait penyelenggaraan debat, nanti rencananya untuk yang pertama ini kami laksanakan tanggal 6 Oktober,” terang Astri.

Berbeda dengan format debat dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) yang memisahkan antara calon presiden dan wakil presiden, untuk Pilkada kali ini pasangan calon gubernur dan wakil gubernur akan tampil bersamaan dalam setiap debat. 

"Mr. Luku-luku" Bekuk Giroud “Kalau kemarin kan ada capres, ada debat capres gitu. Kalau untuk Pilkada, debatnya ini langsung, jadi dua-duanya akan langsung dihadirkan pada saat tiga kali debat itu,” ungkap Astri. 

Debat tersebut akan berlangsung selama 150 menit, yang terdiri dari 120 menit debat dan 30 menit untuk jeda iklan. 

Terkait lokasi debat, KPU Jakarta masih menunggu usulan dari stasiun televisi penyelenggara. 

Baca Juga: Pilkada Diulang Bila Kotak Kosong Menang, Ini Jadwal Pilkada 2024

Adapun, KPU DKI Jakarta akan menetapkan pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur untuk Pilkada 2024 pada hari ini, Minggu, 22 September 2024. 

Penetapan paslon gubernur dan wakil gubernur Jakarta itu bakal diumumkan pada pukul 11.00 WIB. 

Diketahui ada tiga pasangan calon yang mendaftar bakal calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta untuk Pilkada 2024. 

Ketiganya adalah pasangan Pramono-Rano Karno, Ridwan Kamil- Suswono, dan Dharma Pongrekun-Kun Wardana. Pasangan Pramono Anung-Rano Karno yang diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) mendaftar ke KPU Jakarta pada Rabu (28/8/2024). 

Pada hari yang sama, Ridwan Kamil dan Suswono (RIDO), pasangan yang diusung belasan partai tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM), juga mendaftar ke KPU.

Pasangan jalur perseorangan, Dharma Pongrekun dan Kun Wardana, menyusul pada hari ketiga, Kamis (29/8/2024) pukul 19.00 WIB.

Baca Juga: Ridwan Kamil Sebut Blusukan Itu Bukan Dadah-Dadah Saja, Tapi Mendengarkan

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "KPU DKI Jakarta Siapkan Tiga Kali Debat Publik Cagub-cawagub", Klik untuk baca: https://megapolitan.kompas.com/read/2024/09/22/10423341/kpu-dki-jakarta-siapkan-tiga-kali-debat-publik-cagub-cawagub.

Selanjutnya: Panduan Cara Top Up GoPay via BRI di Aplikasi BRImo hingga ATM

Menarik Dibaca: Wajib Tahu, Ini 5 Tips Membuat Anak Jadi Punya Kegemaran Membaca Sejak Kecil

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tri Sulistiowati