KPU: Jokowi Presiden RI 2014-2019



JAKARTA. Komisi Pemilihan Umum (KPU) akhirnya menetapkan Joko Widodo-Jusuf Kalla sebagai pasangan presiden dan wakil presiden terpilih di pemilihan presiden (pilpres) 2014. Setelah pasangan ini unggul  53,15% suara dari pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa.

"Keputusan ini berlaku mulai tanggal ditetapkan. Surat ini kemudian disampaikan ke pimpinan MPR, DPR, DPD, Ketua MA, Ketua MK, Presiden, pimpinan parpol, pasangan capres," kata Ketua KPU Husni Kamil Manik, Selasa (22/7).

Joko Widodo dan Jusuf Kalla langsung menerima surat keputusan dan ketetapan hasil penghitungan rekapitulasi pilpres 2014. Tampak, raut muka kegembiraan dari sosok Jokowi dan JK. 


Jokowi lahir dari pasangan Noto Mihardjo dan Sujiatmi Notomiharjo. Pada awalnya banyak orang yang meragukan kemampuan sosok yang sebelumnya merupakan pengusaha mebel ini saat terpilih menjadi Walikota Solo. Namun gebrakannya dalam memimpin serta pendekatan pada masalah kemasyarakatan membuat Jokowi begitu dikagumi oleh masyarakat. 

Dia berhasil mengembangkan Solo yang buruk penataannya dan di bawah kepemimpinannya, Solo mengalami perubahan dan menjadi kajian di universitas luar negeri. Jokowi menjadi walikota Kota Surakarta (Solo) untuk dua kali masa bakti 2005-2015. Wakil walikotanya adalah F.X. Hadi Rudyatmo.

Jokowi kemudian maju di Pemilihan Gubernur DKI Jakarta tahun 2012 bersama dengan Basuki Tjahaja Purnama sebagai wakilnya. Setelah melalui pemilihan 2 putaran pasangan Jokowi-Basuki berhasil menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta mulai dari 15 Oktober 2012.

Jokowi sebagai Gubernur DKI Jakarta berhasil mendapatkan dukungan dari masyarakat yang bernama “Relawan Jokowi” dimana kelompok masyarakat tersebut mendukung Jokowi untuk mencalonkan diri menjadi Presiden RI pada Pemilu 2014.

Jokowi maju sebagai capres yang diusung oleh PDI Perjuangan dan didukung oleh Partai Nasdem, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Hanura, serta PKPU. Jokowi akan berpasangan dengan Jusuf Kalla sebagai cawapresnya pada Pilpres 2014.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto