KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pembangunan jalur kereta api di Indonesia masih terkendala banyak hal. Mulai dari masalah pendanaan dan juga tak ada ketersediaan produksi rel kereta api dalam negeri. Melihat peluang ini, PT Krakatau Steel Tbk (KRAS) berencana membangun pabrik rel di dalam negeri. Dalam lima tahun, dari 2015-2019, pemerintah menargetkan bisa membangun jalur kereta api sebanyak 3.258 kilometer. Namun, mengutip dari Kompas.com tahun lalu target itu direvisi menjadi 1.349 kilometer hingga 2019 karena masalah pendanaan. Tak hanya dana masalah tingkat komponen dalam negeri (TKDN) moda kereta api juga masih bermasalah. Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyatakan saat ini rata-rata tingkat komponen dalam negeri (TKDN) moda kereta api sekitar 35%. Sedangkan pemerintah ingin meningkatkan di atas 60%.
Krakatau Steel berniat bangun pabrik rel kereta
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pembangunan jalur kereta api di Indonesia masih terkendala banyak hal. Mulai dari masalah pendanaan dan juga tak ada ketersediaan produksi rel kereta api dalam negeri. Melihat peluang ini, PT Krakatau Steel Tbk (KRAS) berencana membangun pabrik rel di dalam negeri. Dalam lima tahun, dari 2015-2019, pemerintah menargetkan bisa membangun jalur kereta api sebanyak 3.258 kilometer. Namun, mengutip dari Kompas.com tahun lalu target itu direvisi menjadi 1.349 kilometer hingga 2019 karena masalah pendanaan. Tak hanya dana masalah tingkat komponen dalam negeri (TKDN) moda kereta api juga masih bermasalah. Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyatakan saat ini rata-rata tingkat komponen dalam negeri (TKDN) moda kereta api sekitar 35%. Sedangkan pemerintah ingin meningkatkan di atas 60%.