Kuartal I 2020, Pelni berhasil antarkan 1,12 juta penumpang



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sepanjang Triwulan I tahun 2020 PT Pelni telah mengantarkan 1.129.286 pelanggan dengan kapal penumpang dan perintisnya ke penjuru Nusantara. Dari sisi kontainer dengan kapal penumpang dan kapal barangnya, Pelni juga telah mengangkut total sebesar 4.104 TEUs.

Selain itu Pelni juga telah mengangkut barang sebanyak 26.517 ton/m3 melalui kapal penumpang dan kapal perintisnya. Sedangkan untuk kendaraan telah diangkut sebanyak 2.893 unit dan sebanyak 770 ekor hewan (sapi) telah diangkut melalui kapal ternaknya.

Kepala Kesekretariatan Perusahaan PT Pelni Yahya Kuncoro menyampaikan, perusahaan memiliki tugas dan misi yang mulia, salah satunya adalah menyediakan aksesibilitas masyarakat untuk menghubungkan daerah yang sudah maju ke daerah T3P (Tertinggal, Terpencil, Terdepan, dan Perbatasan) di mana umumnya daerah ini belum terlayani oleh pelayaran komersial.


Baca Juga: Mudik dilarang, Pelni berpeluang kehilangan omzet Rp 181 miliar

Selain itu, Pelni juga berperan dalam memastikan konektivitas antar wilayah, baik untuk angkutan penumpang maupun barang.

"Melalui kesempatan ini, kami terus menyemangati seluruh insan Pelni untuk tetap optimis dan terus meningkatkan kinerja agar target Perusahaan dapat tercapai dengan baik di tahun ini," ungkap Yahya dalam siaran resmi, Selasa (28/4).

Yahya menambahkan, di tengah situasi dan kondisi global yang kini sedang berjuang menanggulangi penyebaran Covid-19, perseroan turut mendukung langkah pemerintah dalam menekan tingkat penyebaran Covid-19. Salah satunya dengan tidak melakukan kegiatan operasional terhadap kapal penumpang hingga 8 Juni 2020.

"Sesuai dengan peraturan yang berlaku sejak 24 April hingga 8 Juni 2020, Manajemen telah memutuskan untuk sementara waktu tidak melakukan kegiatan operasional untuk penumpang dan memaksimalkan potensi muatan barang guna menjaga stabilitas pemenuhan barang pokok di seluruh Indonesia," terangnya.

Pada kesempatan yang sama, Pelni juga melaksanakan aksi sosial dengan pemberian donasi berupa pemberian masker dan multivitamin bagi seluruh pegawai laut dan cabang, donasi HUT ke-68 PT Pelni kepada anak asuh rumah yatim Lembaga Amil Zakat Nasional, Jakarta serta kepada anak-anak yatim komplek PELNI, Bekasi.

Baca Juga: Layanan kapal penumpang ditutup, ini strategi operator transportasi laut jaga kinerja

Selain itu, Komisaris dan Direksi Pelni Group juga mendonasikan seluruh Tunjangan Hari Raya (THR) untuk penanggulangan Covid-19 di Indonesia.

Manajemen berharap dapat memberikan lebih banyak bantuan guna membantu Pemerintah dalam pencegahan penyebaran Covid-19 di Indonesia serta terus menyemangati dan mengajak seluruh Insan Pelni untuk saling mendoakan agar Indonesia segera pulih dan Pelni dapat kembali memberikan pelayanan kepada masyarakat di Indonesia.

Pelni sebagai Perusahaan Badan Usaha Milik Negara yang bergerak pada bidang transportasi laut hingga saat ini telah mengoperasikan sebanyak 26 kapal penumpang dan menyinggahi 83 pelabuhan serta melayani 1.100 ruas.

Selain angkutan penumpang, PELNI juga melayani 45 trayek kapal perintis yang menjadi sarana aksesibilitas bagi mobilitas penduduk di daerah T3P di mana kapal perintis menyinggahi 275 pelabuhan dengan 3.739 ruas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto